10 Fakta Unik Tentang Kucing

kucing

SemuaAdaDisini.com – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang bisa dibilang menjadi favorit bagi sebagian orang. Dalam Islam, kucing disebut menjadi hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Tingkah polahnya yang unik dan menggemaskan serta bulunya yang halus dan memiliki corak yang bermacam-macam, boleh jadi menjadi daya tarik sendiri bagi peminatnya.

Dibalik sifatnya yang tenang dan manis tersebut, ternyata ada beberapa hal mencengangkan yang dimiliki oleh kucing. Beberapa hal tidak biasa yang dimiliki kucing dan belum diketahui orang banyak adalah sebagai berikut;

1. Kucing yang memiliki bulu berwarna putih dan mata yang biru, biasanya tidak memiliki pendengaran yang bagus atau tuli. Namun demikian, indera lain yang mereka miliki, berfungsi dengan sangat baik

2. Kucing memiliki saraf sensitif di bawah kakinya. Biasanya, saat terjadi gempa bumi, kucing akan bersikap aneh karena kaki kucing memiliki kepekaan dalam merasakan adanya gempa bumi.

3. Nafsu makan kucing sangat dipengaruhi oleh bau. Hal ini dikarenakan lidah kucing tidak dapat merasakan rasa makanan karena kurangnya sensor saraf perasa pada lidah. Berbeda dengan manusia yang memiliki sekitar 9000 sensor saraf, kucing hanya memiliki sekitar 473 buah sensor saraf.

4. Sebagai hewan peliharaan, kucing sering disebut sebagai hewan pemalas karena sifatnya yang biasa menghabiskan waktunya untuk tidur anatar 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13-14 jam. Tidak jarang juga, kucing mampu tidur selama 20 jam dalam satu hari. Tidur yang dilakukan kucing memiliki tujuan untuk menyimpan energi.

5. Sebagai pemakan daging dan makanan yang memiliki bau yang amis, kucing ternyata tidak bisa memakan cokelat. Bila kucing dibiarkan memakan cokelat, kucing akan jatuh sakit bahkan akibat yang lebih parah adalah kucing bisa kehilangan nyawanya.

6. Ketika kucing sedang tertidur, seringkali kita melihat dia bergerak karena kaget. Ini bisa disebabkan karena kucing sedang bermimpi. Dalam keadaan yang tenang waktu tidur, kucing memiliki gelombang otak yang sama dengan manusia sehingga kucing dapat bermimpi saat tidur.

7. Kucing merupakan salah satu hewan yang bisa dibilang lentur. Kaki depannya dapat diputar kesegala arah dan setengah dari tubuhnya dapat digerakkan ke arah yang berlawanan.

8. Kebiasan kucing untuk menggosok-gosokkan kepala mereka pada orang atau benda-benda lain ternyata bukan tanpa tujuan. Awalnya pasti kita beranggapan bahwa apa yang dilakukan oleh kucung tersebut karena sifat kucing yang manja dan ingin diperhatikan. Namun ternyata cara yang dilakukan kucing tersebut ternyata bertujuan untuk memberikan tanda atas wilayah mereka dengan bau yang ditinggalkan.

9. Kebiasaan lain yang dimiliki kucing adalah menjilati bulu-bulunya. Hal tersebut dilakukan oleh kucing dengan tujuan untuk membersihkan bulu-bulunya dari debu atau kotoran yang sepanjang hari menempel di bulunya. Ini membuktikan bahwa kucing merupakan hewan yang bersih dengan memanfaatkan air liurnya sebagai pembersih bulu-bulunya.

10. Kucing merupakan predator yang sangat lihai dalam berburu. Bahkan kemampuan kucing dalam berburu melebihi kemapuan yang dimiliki oleh singa. Namun, karena ukurannya yang kecil, kucing lebih dipilih menjadi sahabat manusia sebagai hewan peliharaan daripada dijadikan sebagai musuh.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!