17 Agustus 2014, Uang NKRI Beredar

SemuaAdaDisini.com – Berita terkait rencana pemerintah meredenominasi uang Rupiah pada tahun 2014 ini menjadi pemberitaan hangat di internet. Salah satunya beredar desain uang baru setelah redenominasi.

Pada gambar diatas, yang pertama adalah desain uang Rupiah lama dengan pecahan Rp 100.000,00, 50.000,00, dan 20.000,00 namun dengan pengurangan tiga nominal -,000 sehingga menjadi 100, 50 dan 20 saja. Uang tersebut sejatinya digunakan saat masa peralihan, sehingga untuk membiasakan masyarakat terhadap sistem penominalan mata uang yang baru dan tidak menimbulkan kisruh di aktivitas dagang di pasar.

Namun ternyata desain tersebut hanyalah bahan presentasi BI semata. Nyatanya redenominasi rupiah di Indonesia belum bisa diberlakukan. Sehingga dengan demikian, untuk mata uang diatas tidak akan mengalami perubahan.

Disampaikan Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs, “Gambar tersebut bukan merupakan gambar uang rupiah yang akan diterbitkan. Kebijakan redenominasi rupiah belum diimplementasikan dalam waktu dekat.”

Sementara itu Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas menjelaskan lebih detail, “Kemarin, uang contoh redenominasi beredar, tapi dibilang sebagai uang NKRI. Padahal yang beredar itu bahan persentasi saat konsultasi publik.”

Uang NKRI secara nilai tidak ada perbedaan dengan yang berlaku saat ini. Artinya uang Rp 1.000 ?tidak menjadi Rp 1. Itu hanya terjadi bila dilakukan proses redenominasi.

Ronald Wass juga menambahkan, perubahan desain rupiah pada 17 Agutus mendatang tidak akan banyak. BI sendiri akan melakukan sosialisasi, selambatnya satu minggu sebelum uang baru diedarkan.

Adapun ciri uang rupiah kertas yang akan diterbitkan kelak, sudah tertuang dalam UU No. 7 Tahun 2011. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

Gambar lambang negara, Garuda Pancasila Frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya Tanda tangan pihak pemerintah dan Bank IndonesiaNomor seri pecahanTeks Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia Mengeluarkan Rupiah Sebagai Alat Pembayaran yang Sah Dengan NilaiTahun emisi dan tahun cetak.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!