3 Masjid di Indonesia ini Sangat Berpengaruh di Dunia

05f9e-al-irsyad-mosque-bandung

SemuaAdaDisini.com – Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia. Namun, tak hanya memiliki penduduk muslim terbanyak tetapi Indonesia juga memiliki banyak bangunan masjid yang sangat indah dan menakjubkan.

Ada banyak banguann masjid yang ada di Indonesia, di antaranya ada tiga bangunan yang dikatakan sangat berpengaruh di dunia. ke tiga banguann masjid ini tak hanya indah tetapi juga sangat perpengaruh di dunia.

Ke tiga masjid ini memiliki sisi sejarah yang sangat penting, sehingga dianggap sebagai masjid paling menakjubkan dan berpengaruh di dunia.

Nah, mau tau masjid apa saja di Indonesia yang sangat berpengaruh di dunia? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir m.infospesial.net.

1. Masjid Istiqlal Jakarta

284f4-istiqlalmosqueb

Masjid Istiqlal merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara yang terletak di Ibukota Jakarta. Masjid ini dibangun untuk rasa syukur bangsa Indonesia atas lepasnya bangsa Indonesia dari penjajahan. Masjid ini  berada di  timur laut lapangan Medan Merdeka, di mana tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas). Rancangan masjid ini di buat oleh seoeang Arsitek yang beragama Kristen Protestan yang bernama Frederich Silaban.

Masjid ini selain menjadi tempat beribadah juga di gunakan untuk berbagai kegiatan organisasi agama dan juga sebagai salah stau tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

2. Masjid Raya Baiturrahman

373ac-baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman ini merupakan masjid bersejarah yang sangat perpengaruh di dunia. Tak hanya menakjubkan tetapi masjid ini juga sebagai saksi sejarah penting yang diakui oleh dunia, yaitu:

1. Masa Penjajahan

Masjid Raya baiturrahman ini adalah masjid yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda yang saat itu juga mendapat pemberontakan dari Belanda. Di bawah kepemimpianan Sultan Iskandar Muda, kerajaan Aceh melakukan perlawanan terhadap Belanda dan terjadilah peperangan antara keduanya.

Peperangan ini pun berhasil menjatuhkan Belanda dan membunuh  salah satu Jenderalnya yaitu Jenderal Kohrel.

2. Pemberontakan Darul Salam

Pada saat pemimpinan Presiden Seokarno, ada gerakan Darul Islam (DI) yang di pimpin oleh Daud Beureuh, untuk memisahkan diri dengan  negara kesatuan Republik Indonesia saat itu.

3. Tsunami Aceh

Masjid Raya Baiturrahman ini juga menjadi saksi mata dari kejadian Gempa dan Tsunami Aceh yang terjadi di tahun 2004 lalu. Begitu mirisnya ratusan nyawa melayang  di bawa arus air yang memiliki tinggi 7 meter.

3. Masjid Kubus Bandung Karya Ridwan Kamil

05f9e-al-irsyad-mosque-bandung

Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung ini merupakan masjid yang terkenal dengan bangunannya yang sangat unik. Bangunan masjid ini tidak ada kubahnya sama sekali. Namun, inilah yang membuat masjid ini menjadi daya tarik masyarakat di sana dan juga para wisatawan.

Masjid ini ternyata juga mendapatkan The Best 5 World Building of The Year 2011.  sebagai salah satu desai terbaik  tempat beribada di dunia  dari lima tempat beribadah yang ada di dunia.

Nah, itulah dia ke lima masjid di Indonesia yang sangat berpengaruh di dunia.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!