4 Amalan Kesukaan Rasulullah SAW di Bulan Ramadhan

membacaIlustrasi orang yang sedang baca Al-Quran (foto: masjidtimings.com)

SemuaAdaDisini.com – Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi seluruh umat muslim untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin. Karena di bulan suci ini segala amal perbuatan baik pahalanya akan dilipatgandakan.

Rasulullah selalu menganjurkan umatnya untuk senantiasa melakukan amal-amalan baik terutama saat bulan Ramadhan. Berikut 4 amalan kesukaan Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan, seperti dilansir abatasa.

4. Membaca Al-Quran

Setiap umat muslim disunahkan membaca ayat-ayat suci Al-Quran pada bulan Ramdhan. Allah SWT berfirman, “bulan Ramadhan yang padanya diturunkan Al-Quran, menjadi petunjuk bagi sekalian mausia dan menjadi keterangan yang menjelaskan petunjuk dan (menjelaskan) perbedaan antara yang benar dan yang salah.” (Surah Al-Baqarah, ayat 185)

Rasulullah SAW dan Malaikat Jibril selalu membaca Al-Quran setiap hari selama bula Ramadhan. Para salaf selalu mendahulukan membaca Al-Quran daripada ibadah lain.

3. Memberikan Makanan Pada Orang yang Berbuka Puasa

Selama bulan puasa kita dianjurkan untuk memberikan makanan pada orang yang sedang puasa terutama yang tidak mampu. Rasulullah SAW bersabda, “Sesiapa yang memberikan makanan kepada orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala (orang yang berpuasa) dalam keadaan tidak berkurang sedikitpun dari pahala orang puasa itu.” (Hadis riwayat Ahmad, Tirmizi, Ibnu Majah dan ad-Darimi)

2. Qiamullail

Rasulullah SAW selalu senantiasa mengerjakan shalat malam selama bulan Ramadhan. Rasulullah bersabda, “Sesiapa menghidupkan Ramadhan dengan keimanan dan pengaharapan pahala daripada Allah, maka akan diampunkan segala dosanya yang terdahulu.” (Hadis riwayat Bukhari)

1. Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat sunnat yang khusus dilakukan selama bulan Ramadhan. Meskipun shalat sunnat ini bisa didirikan sendirian, tapi pada umumnya shalat ini dilakukan secara berjamaah. Rasulullah selalu menganjurkan kita untuk senantiasa mengerjakan shalat sunnat ini.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!