4 Sejarah Unik Candi Borobudur Yang Belum di Ketahui Orang

candi borobudur

SemuaAdaDisini.com – Candi Borobudur menjadi salah satu candi yang paling terpopuler bahkan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi selama musim liburan ini dan memperingati hari raya Waisak. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini biasanya menjadi tempat utama bagi umat Budhha merayakan malam puncak prosesi Waisak dengan banyaknya lampion – lampion indah yang bergantungan dan siap diterbangkan. Candi Borobudur ini sendiri dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada 824 Masehi .Jika selama ini kamu tahu tentang  keindahan Candi Borobudur yang dijadikan tempat wisata menarik. Tapi kamu tidak tahu dibalik itu ada beberapa hal unik yang gak kamu ketahui seputar Candi Borobudur.

Dan seperti yang dilansir dari palingseru.com, inilah dia 4 hal uni yang gak kamu ketahui seputar Candi Borobudur.

1. Misteri Nama Borobudur

Salah satu hal unik yang tidak kamu ketahui tentang Candi Borobudur ini terkait dengan misteri nama Borobudur yang awalnya hanyalah sebuah gundukan batu. Batu – batu yang awalnya telah terkubur dalam gundukan tanah ini ditumbuhi dengan semak belukar. Namun pada tahun 1814 , Gubernur Jenderal Britania Raya, Thomas Stamford Raffles itu berusaha menggali kuburan batu ini dan menceritakan semua laporannya ini lewat buku The History of Java pada 1817 yang di dalamnya di tuliskan nama Borobudur.

Belum diketahui dari mana berasal Candi Borobudur ini. Namun nama Borobudur itu diambil karena latar belakang Candi Borobudur ini dulunya begitu lebat ditumbuhi dengan pohon budur yang tumbuh subur disekitar bebatuan itu. Hal ini telah diungkapkan langsung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Asal Mula Borobudur ini jika diartikan ada beberapa versi yang diantaranya : budur yang kuno (Boro= kuno, budur= nama tempat), lalu Sang Buddha yang agung (Boro= agung, budur= Buddha), dan Buddha yang banyak (Boro= banyak, budur= Buddha). Dan jika diartikan dalam kamus bahasa Jawa, Borobudur ini berasal dari kata biara (tempat suci atau kuil) dan bidur yang berarti tempat tinggi.

2. Disebut dalam Kitab Nagarakertagama

Borobudur ini juga memiliki kisah unik dimana nama Borobudur ini termasuk ke dalam  kitabNegarakertagama karya Empu Prapanca 1365 Masehi. Kitab Nagarakertagama yakni kitab yang ditulis di atas pelepah lontar itu telah diakui oleh Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB atau UNESCO sebagai warisan dokumenter ingatan dunia (Memory of the World). Di dalam kitab itu juga menceritakan jika Bobudur memiliki makna sebagai bangunan suci agama Buddha dari aliran Wajradhara yang disebut sebagai budur dan memiliki cerita Kerajaan Majapahit.

3. Mengapa Ditinggalkan?

Seperti yang kita cerita awal tadi jika Borbudur ini dulunya adalah gundukan batu yang terkubur dan pada akhirnya digali dan dibersihkan oleh Raffles hingga bisa menjadi tempat ibadah para umat Budhha. Yang menjadi kisah misteriusnya , mengapa Candi Borobudur itu dulunya ditinggalkan hingga tertimbun tanah ? Banyak sekali rekomendasi yang mengatakan jika candi tersebut ditinggalkan karena bencana letusan Gunung Merapi. Lokasi Borobudur yang terletak di antaran 2 pasang gunung, Gunung Merapi dan Merbabu di sebelah Timur serta Gunung Sindoro dan Sumbing di sebelah Utara serta terletak diantara 2 sungai, Progo dan Elo ini memang bisa menjadi alasan jika Borbudur dulunya tertimbun oleh tanah longsor di lokasi tersebut.

4. Danau Purba

Kisah unik dibalik Candi Borobudur ini dilambangkan sebagai bunga teratai yang mengapung di atas permukaan danau. Lambang tersebut menjadi salah satu hal yang diperdebatkan terkait teori kontroversial pada 1931 dengan seorang seniman dan pakar arsitektur Hindu Buddha, W.O.J. Nieuwenkamp. Namun ketika Borbudur ini terkubur dalam gundukan tanah , mendatangkan sebuah pernyataan jika dulunya Borobudur ini menjadi sebuah danau Pubra yang kering akibat Material vulkanik.

Nah, itulah dia keempat hal unik yang gak kamu ketahui seputar Candi Borobudur.

.

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini

Komentar Yuk Disini

comments

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!