4 Tempat Yang Dipercaya Menghubungkan Ke Istana Nyi Roro Kidul

keraton solo

SemuaAdaDisini.com – Siapa yang tidak tahu dengan kisah fenomenal Ratu laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Hampir seluruh lapisan masyarakat yang tinggal di tanah air ini paham dengan kisah misteri Ratu Pantai Selatan. Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia paling populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali.

Tidak heran jika kawasan perairan selatan sering di hantui nuansa mistis yang sangat kental. Beberapa mitos dipercaya sejumlah orang, bahkan mereka meyakini bahwa ada beberapa titik yang bisa dijadikan sebagai penghubung menuju istana ratu laut selatan ini. Kawasan mana sajakah itu? Ini dia tempatnya.

Berikut adalah 4 Tempat Yang Dipercaya Menuju Istana Nyi Roro Kidul seperti yang dikutip dari paling-unik :

 

1. Pantai pelabuhan ratu, Jawa Barat

Tempat Yang Dipercaya Menuju Istana Nyi Roro Kidul

wisata-palabuhanratu.blogspot.com

Kawasan satu ini memang jadi tempat yang paling terkenal sebagai pintu masuk atau penghubung untuk menemui Nyi Roro Kidul. Bahkan salah satu hotel yang bernama Hotel Inna Samudera menyediakan kamar khusus di lantai atas nomor 308.

Konon katanya wanita misteri ini diyakini menetap di kamar tersebut. Tak heran jika hotel ini banyak dikunjungi wisatawan yang menyempatkan waktu untuk melihat atau meminta sesuatu, mulai dari ilmu kekebalan sampai yang dapat menyembuhkan orang lain.

 

2. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Tempat Yang Dipercaya Menuju Istana Nyi Roro Kidul

nyunyu.com

Terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Pantai Parangtritis jadi salah satu pantai yang sakral di tanah Yogya. Kawasan ini memiliki cerita mistis tentang penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Beberapa mitos di sana muncul dan diyakini setiap pengunjung untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau. Konon, jika pengunjung yang menggunakan pakaian berwarna hijau akan menghilang tertelan derasnya ombak Pantai Parangtritis.

Pantai selatan dianggap satu dari tiga unsur penting oleh masyarakat Yogja. Pantai ini juga satu garis lurus dengan Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Gunung Merapi yang dianggap sebagai elemen api, Pantai Selatan sebagai elemen air dan Kraton Yogyakarta sebagai penyeimbangnya. Setiap tahunnya di Parangkusumo, Sultan Yogyakarta mengadakan upacara persembahan kepada Nyi Roro Kidul.

 

3. Keraton Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah

Tempat Yang Dipercaya Menuju Istana Nyi Roro Kidul

solopos.com

Di balik keindahan bangunan Keraton Surakarta Hadiningrat, bangunan ini juga terselip kisah Nyi Roro Kidul. Menurut cerita, Panggung Sangga Buwana yang ada di kraton ini menjadi tempat bercengkerama antara sultan Surakarta dengan Kanjeng Ratu. Sang Ratu akan menunjukkan wajah sebagai perempuan muda dan cantik pada saat bulan muda. Namun, lama-kelamaan wajahnya akan terlihat berangsur – angsur memburuk.

Bahkan, saat memasuki kompleks utama yang berada setelah Gladag, pengunjung harus merlepas alas kaki yang digunakan. Pengunjung dipaksa berjalan tanpa alas kaki di atas pasir yang memenuhi pelataran halaman kompleks utama. Pasir-pasir ini konon dibawa langsung dari Pantai Selatan.

Selain itu, kepercayaan terhadap Kanjeng Ratu Kidul juga diwujudkan lewat tari Bedaya Lambangsari dan Bedaya Semang yang diselenggarakan untuk menghormati serta memperingati Sang Ratu. Penghayatan mitos Kanjeng Ratu Kidul tersebut tidak hanya diyakini dan dilaksanakan oleh pihak keraton saja, tapi juga oleh masyarakat pada umumnya di wilayah kesultanan.

4. Vihara Kalyana Mitta, Jakarta

Tempat Yang Dipercaya Menuju Istana Nyi Roro Kidul

infoyunik.blogspot.com

Tidak hanya di tanah Jawa, jejak ratu pantai selatan ini juga singgah di ibu kota. Di Vihara Kalyana Mitta, Pekojan, Jakarta Barat, terdapat satu tempat pemuliaan untuk Nyi Roro Kidul. Ruangan yang ada di lantai bawah atau altar dewa-dewi vihara ini, pengunjung yang datang ke vihara ini akan disuguhkan lukisan Kanjeng Ratu lengkap dengan dupa, keris, dan alat sesajen lainnya.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!