5 Bangunan Ajaib Yang Selamat Dari Malapetaka dan Bencana

5 bangunan selamat dari bencan

SemuaAdaDisini.com – Bencana dan malapetaka yang dahsyat membuat banyak bangunan hancur berkeping-keping. Namun ada beberapa bangunan yang mampu bertahan di tengah bencana dan malapetaka yang dahsyat itu.

Inilah 5 bangunan yang selamat dalam bencana dahsyat seperti yang dilansir dari Liputan6.com

1. Kubah Bom Atom

Kubah Bom Atom di Hiroshima berfungsi untuk ajang pameran industri atau Hiroshima Prefectural Industrial Promotion Hall. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Ceko pada tahun 1915. Kubah ini merupakan simbol kehancuran, sekaligus simbol perdamaian.

Gedung ini hanya berjarak 160 m dari pusat ledakan bom atom. Hampir semuanya rusak namun ini merupakan satu-satunya struktur tersisa di dekat titik jatuhnya bom atom “Little Boy”.

Bangunan ini mejadi perdebatan penduduk lokal banyak yang menginnginkan bangunan ini dirubuhkan dan banyak juga yang ingin bangunan ini tetap berdiri untuk simbol perdamaian atau pengingat kejadian bom atom.

Akhirnya UNESCO pada tahun 1996 menetapkan bangunan yang tinggal rangkanya ini sebagai situs warisan dunia saat rekonstruksi Hiroshima dimulai bangunan ini tetap dipertahankan.

Theodore Van Kirk tutup usia akhir Juli 2014 lalu. Dia adalah Bomber bom atom Hiroshima terakhir yang bertahan hidup.

Van Kirk mengingkan agar bom atom dimusnahkan karena ini tidak menyelesaikan masalah berdasarkan pengalamannya selama perang dunia II. Hal ini dia tegaskan saat diwawancara pada tahun 2005

2. Pagoda yang Selamat dari 46 Gempa

Pagoda di Kuil Horyu-Ji selamat walaupun sudah 46 kali Jepang diguncang gempa dengan kekuatan 7 skala Richter atau lebih. Pagoda ini dibangun pada tahun 607 Masehi.

Letak pagoda ini di lokasi Sai-in dan merupakan salah satu bangunan kayu yang paling tua dalam sejarah. Ketinggian nya 32,45 m dan luas 20×20 m berlantai lima.

Umur kayu yang digunakan untuk pilar utama di analisis ditebang pada tahun 594 Masehi. Berkat teknologilah pagoda itu tak menyerah oleh getaran dan guncangan.

Seiring penyebaran agama Buddha dari China. Teknologi pagoda bertingkat sampai di Jepang selama Abad ke-6.

Mempertimbangkan ketidakstabilan seismik Jepang dan curah hujan tahunan yang lebih tinggi. Maka Di Tiongkok, pagoda biasanya dibangun dengan batu. Pembangunannya dimodifikasi dalam tiga cara:lantai yang tak menyambung, shinbashira (tiang penyangga utama) yang meredam guncangan danpenggunaan atap lebar dan berat.

Letak Pilar utama di bawah permukaan fondasi dari batu besar — yang membentang di tanah. Berada 3 meter di bawah permukaan tanah.

3. Menara Pisa

Menara Miring Pisa (Torre pendente di Pisa) selesai dibangun pada tahun 1372 adalah  salah satu bangunan berasal dari Perancis yang paling terkenal di muka bumi.

Menara tersebut merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) di Kota Pisa dan terletak di belakang katedral.

Desain awal menara awalnya vertikal seperti menara lonceng lainnya. Bangunan ini mulai miring setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173.

Menara ini nyaris di bom dan dihancurkan pasukan sekutu mengingat fungsinya sebagai pos observasi dibawah kendali Jerman. Setelah jerman menguasai Kota pisa sema Perang Dunia II.

Karena terkesima oleh keindahan menara tersebut Sersan Leon Weckstein memutuskan untuk menyelamatkan bangunan ini saat ditugaskan untuk observasi.

Padahal tugas yang diberikan jelas kepada tentara 23 tahun itu “Jika kau melihat sesuatu mencurigakan, jangan tunggu apapun, minta tembakan dilancarkan,”

Sesaat  tembakan akan dilakukan untuk meruntuhkan menara itu, Jerman melakukan serangan udara, ia dan rekannya diminta kembali ke markas. Menara Pisa selamat, Para pejabat keamanan Sekutu menargetkan serangan berbeda.

Keberadaan pasukan Jerman di maenara itu masih belum diketahui. Weckstein berpendapat, “Kau tahu? Aku sudah memikirkan selama 50 tahun, dan aku yakin mereka ada di sana.”

4. Patung Yesus di Tengah Topan Haiyan

Di tengah Bencana Topan Haiyan yang menerpa Filipina 13 bulan lalu , ada yang selamat tetap berdiri dan merentangkan tangannya: sebuah patung Yesus Kristus.

Rumah banyak yang roboh dan orang-orang berlarian kesana kemari dan banyak korban jiwa akibar terjangan topan itu. Bahkan nyawa bergelimpangan dijalan atau tersampur dipohon.

Patung Yesus Keristus yang selamat di Kota Tanauan menjadi simbol harapan bagi orang-orang yang waktu itu berjuang untuk selamat. Bencana topan ini merenggut 6.000 nyawa.

5. Masjid Rahmatullah, Aceh

Tsunami Dahsyat yang mengguncang aceh 26 Desember 2004 yang disebabkan oleh gempa 9,1 skala Richter mengguncang Samudera Hindia, di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia.

Korban yang jatuh luar biasa sekitar 230 ribu orang tewas dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Dalam kejadian tsunami Aceh da sebuah keajaiban terjadi Bangunan masjid berdiri tegah di tengah kehancuran kota yang nyaris rata dengan tanah. Masjid ini terletak di kota Lhoknga  dekat Banda Aceh yang merupakan kota paling berdampak akibat tsunami tersebut.

Masjid Rahmatullah ini dipercaya selamat karena kuasa Illahi.

NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat ) juga menangkap keajaiban itu lewat satelitnya Foto Lhoknga dari angkasa luar terlihat fitur melingkar berwarna putih. Itulah foto Masjid Rahmatullah yang masih kokok berdiri ditengah bencana tsunami.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!