5 Cara Hilangkan Rasa Ngantuk di Siang Hari saat Puasa Ramadhan

meditasi-5-menit

SemuaAdaDisini.com – Tidur orang yang sedang berpuasa memang termasuk ibadah yang memiliki nilai pahala. Namun, kebanyakan tidur saat berpuasa juga tidak baik karena bisa membahayakan kesehatan fisik maupun mental yang dapat merusak kemampuan otak kita untuk berfikir.

Untuk itu, dalam menghindari rasa ngantuk akibat energi di dalam tubuh telah habis . Kamu dapat melakukan beberapa cara yang lebih bermanfaat untuk mengisi keseharaian kamu yang sedang menjalani puasa Ramadhan.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com , inilah dia 5 cara hilangkan rasa ngantuk di siang hari saat puasa Ramadhan.

1. Berjalan – jalan

Puasa Ramadhan bukanlah bulan untuk kamu bermalas – malasan. Walaupun dalam kondisi puasa, kamu juga masih bisa melakukan aktivitas keseharian kamu. Jika niat, apapun rintangannya jika dilakukan dengan ikhlas pasti akan terasa ringan. Dan jika di siang hari kamu sudah merasa lemah dan negnatuk , namun pekerjaan belum terselesaikan. Cobalah untuk berjalan – jalan sejenak menghidup udara segar agar pikiran dan penglihatan kamu segar kembali.

2. Meditasi 5 menit

Ketiga siang hari tiba kamu terasa ngantuk saat berpuasa, cobalah untuk melakukan meditasi selama 5 menit untuk merilekskan diri sejenak dan mengatur pernapasan. Meditasi ini dapat membantu melancarkan sirkulasi udara dan oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

3. Tidur Siang

Jika kamu benar – benar merasa ngantuk di siang hari ketiga berpuasa. Cobalah untuk jangan memaksakan diri untuk terus bekerja. Berhentilah sebentar untuk tidur. Tidur selama 15 menit sudah bisa membuat rasa ngantuk itu hilang dan kamu pun kembali terlihat segar.

4. Cuci Muka

Bagi umat muslim, ketika merasa ngantuk di siang hari. Cobalah untuk mencuci muka atau sekalian mengambil air wudhu untuk melakukan sholat. Dengan begini, wajah kamu akan terlihat lebih segar dan penglihatan pun akan jernih kembali.

5. Temukan Hal Yang lucu

Ngantuk di siang hari saat sedang berpuasa bisa di sebabkan karena rasa bosan dan dehidrasi. Untuk itu, cobalah untuk menemukan hal – hal yang lucu sehingga dapat menghidupkan suasana lebih menarik lagi.

Nah, itulah dia kelima cara menghilangkan rasa ngantuk di siang hari saat puasa ramadhan.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!