5 Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa Ramadhan

sd

SemuaAdaDisini.com – Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat banyak orang merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan. Apa lagi saat di siang harinya, pastinya orang-orang akan banyak merasakan kehausan.

Hal ini wajar saja dirasakan karena saat berpuasa orang-orang akan dilarang untuk minum atau makan, sehingga banyak yang kekurangan cairan atau sering di sebut dehidrasi.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanann dan minuman yang tepat saat berbuka atau pun sahur. Mungkin saat berbuka kamu minum dan makan yang sembarang, karena kamu sudah merasa sangat haus dan lapar.

Namun, sebenarnya hal tersebut malah akan membuat kamu lemas di keesokan harinnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu kamu mengatasi rasa haus saat puasa ramadhan.

Mau tau seperti apa? yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir LintasMe.com.

1. Makan makanan berserat

Saat sahur sebaiknya kamu makan makanan yang penuh serat seperti sayur dan buah-buahan, karena sayur dan buah-buahan mengandung banya serat dan juga cairan. Makanan yang mengandung banyak serat akan membutuhkan proses pencernaan yang cukup lama, oleh karena itu, kamu akan terhindar dari rasa haus dan juga lapar.

2. Hindari makanan asin

Di saat sahur maupun berbuka sebaiknya kamu menghindari makanan yang bersifat asin, karena rasa asin dapat membuat kebutuhan air di dalam tubuh kamu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari makanan asin saat di bulan puasa.

3. Hindari gula

Selain rasa asin, rasa manis juga dapat membuat tenggorokan terasa kering saat berpuasa. Oleh karena itu, baik saat berbuka maupun sahur sebaiknya kamu tidak mengonsumsi minuman yang banyak diberi gula. Kalau minuman kamu tidak manis, kamu bisa tambahkan susu manis agar terasa manis.

4. Hindari makanan pedas

Kamu juga harus menghindari makanan pedas saat berbuka maupun sahur, karena makanan pedas dapat membuat kamu panas dalam dan juga mengalami gangguan pencernaa. Masalah ini akan membutuhkan banyak cairan untuk mengatasinya.

5. Banyak minum air mineral

Setiap orang di wajibkan untuk mengonsumsi air sebanyak 8 gelas per hari. Saat berpuasa kita akan kekuranga cairan, oleh karena itu, sebaiknya saat berbuka sampai sahur kamu perbanyak minum air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh kamu.

Itulah dia ke lima cara mengatasi rasa haus saat puasa ramadhan.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!