5 Hal Ini Jangan Dilakukan Jika Anda Pengguna Smartphone

060213400_1422866150-smartphone_2

SemuaAdaDisini.com - Bagi banyak orang, smartphone dianggap seperti `otak kedua` mereka. Hal ini dianggap wajar karena smartphone dapat menunjang aktivitas sehari-hari dan memberikan berbagai informasi up to date setiap saat liputan6.com

Smartphone juga dianggap sebagai alat yang sangat berguna, namun tanpa disadari, perangkat mobile ini juga sangat berbahaya. Berikut adalah 5 aktivitas `berbahaya` yang harus Anda hindari saat menggunakan smartphone.

 

1. Ketergantungan terhadap smartphone

Banyak orang yang ketergantungan pada smartphone karena hal ini dapat merugikan diri sendiri dan menjadi kurang mandiri. Sebagai contoh, jika Anda bergantung sepenuhnya pada fitur GPS di smartphone, Anda mungkin tidak bisa berkendara secara leluasa tanpa kehadiran smartphone.

Masalah lain yang umum adalah mengingat nomor telepon. Dengan smartphone, Anda tidak perlu mengingat nomor karena semuanya disimpan dalam daftar kontak. Tapi apa yang terjadi ketika Anda kehilangan ponsel atau tertinggal di rumah?

Pastinya Anda akan merasa gusar ketika tiba-tiba Anda ingin menghubungi nomor seseorang yang dirasa sangat penting dan Anda lupa nomor kontak mereka.

2. Ragu untuk beli aplikasi berguna

Pengguna iOS dan Android sering menjadi korban terhadap masalah ini. Pasalnya, banyak aplikasi gratis yang sangat membantu dan berharga. Maka tak heran bila banyak orang yang menolak untuk membayar aplikasi yang benar-benar berguna.

Namun sekali-kali Anda perlu membeli aplikasi smartphone yang dirasa bermanfaat, misalnya aplikasi perlindungan smartphone seperti anti-virus dan lain sebagainya.

Dilansir laman TopTen Reviews, Jumat (27/2/2015), jika Anda menolak aplikasi berbayar, Anda kehilangan beberapa teknologi berguna, yang benar-benar dapat menambah kenyamanan hidup Anda ketika memakai smartphone.

3. Cek semua notifikasi

Smartphone berpotensi dapat menganggu kehidupan Anda. Perangkat ini dilengkapi dengan software notifikasi yang memberitahu Anda ketika memiliki janji, saat menerima email, ketika seseorang berkomentar tentang status Facebook Anda, dan lain sebagainya.

Banyak dari kita yang selalu membuka setiap notifikasi untuk melihat apa yang terjadi. Hal itu tidak hanya mengganggu diri Anda sendiri, tetapi juga orang lain yang ada di sekitar Anda.
4. Pakai smartphone saat berkendara

Ada banyak pemberitaan yang menginformasikan betapa berbahayanya melakukan SMS saat mengemudi kendaraan. Statistik menunjukkan bahwa aktivitas ini lebih berbahaya daripada mengemudi dalam keadaan mabuk.

Anda mungkin tahu bahwa mengetik pesan di smartphone sangat berbahaya, tapi keinginan untuk mengirim pesan kerap mengesampingkan hal-hal positif. Ada baiknya untuk memanfaatkan fitur asisten pribadi seperti Siri pada iPhone untuk melakukan voice text saat mengetik SMS.

 

5. Tak mengatur setting-an privasi

Smartphone adalah tempat untuk menyimpan ratusan informasi dan banyak data pribadi Anda. Hal ini menciptakan risiko keamanan yang besar jika seorang pencuri mengambil ponsel Anda. Mereka berpotensi untuk masuk ke semua data penting tersebut.

Ada beberapa aplikasi yang dirancang untuk melacak sejumlah informasi pribadi Anda. Untuk itu lindungi smartphone dengan password atau memaksimalkan kemampuan remote wipe.

Jika tiba-tiba kehilangan smartphone, Anda dapat melakukan remote wipe dan menghancurkan semua data yang tersimpan di hard drive smartphone

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!