5 Makanan Aneh dari Indonesia

SemuaAdaDisini.com – Makanan seringkali menjadi ciri khas suatu negara. Indonesia juga salah satu negara yang memiliki banyak makanan khas yang juga digemari oleh sebagian warga manca negara. Seperti nasi goreng, kerak telor dari Jakarta, juga Pempek dari Palembang. Selain berbagai makanan yang memiliki cita rasa yang mampu menggoyang lidah ini, ternyata Indonesia juga menyuguhkan beberapa makanan aneh yang patut kita coba. Berikut ini disajikan 5 makanan aneh yang disajikan masyarakat Indonesia, diantaranya adalah;

1. Rujak cingur
rujak-cingur
Cingur sendiri merupakan salah satu bagian dari tubuh sapi yang biasanya digunakan masyarakat Surabaya atau Jawa Timur untuk disajikan bersama dengan rujak. Cingur tersebut merupakan irisan mulut dan moncong sapi yang nantinya akan direbus dan dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bahan rujak. Rujak cingur ini bisa dikatakan makanan aneh karena bahan penyusunnya bukan hanya buah-buahan, seperti rujak pada umumnya. Selain terdiri dari cingur, rujak cingur juga dilengkapi dengan mentimun, nanas, dondong, mangga muda, bengkuang, yang dipadukan dengan lontong, tahu tempe, bendoyo serta sayur-sayuran seperti taoge, kangkung dan kacang panjang.

2. Belalang goreng
belalang goreng
Makanan kecil yang bisa disantap sebagai pendamping nasi ini akan kita temukan di sepanjang daerah Gunung Kidul. Warga sekitar biasanya menyediakan belalang goreng yang sudah dikemas sehingga bisa dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Belalang goreng bisa erbilang makanan aneh bagi orang-orang yang tidak terbiasa menyantap serangga. Makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga tidak salah jika kita mengkonsumsi makanan ini untuk cemilan ataupun lauk pendamping nasi.

3. Sup kelelawar
sup-kelelawar
Sedikit aneh saat mendengar sup dengan bahan dasar kelelawar ini. Sup biasanya berisi sayuran seperti wortel, kol, buncis, tomat dan lain sebagainya. Bilapun akan ditambahkan daging, paling hanya daging ayam ataupun daging sapi. Menambahkan kelelawar di dalam hidangan sup pastinya akan menjadikannya makanan aneh yang membuat kita, yang bukan pencinta makanan aneh, akan berpikir berkali-kali untuk memakannya. Sup kelelawar biasanya disajikan dengan cara dipanggang, kemudian dicampur dengan bumbu serta bahan-bahan sup.

4. Bothok tawon
bothok-tawon
Bothok adalah salah satu makanan yang digemari beberapa masyarakat. Makanan ini biasanya diolah dengan bahan dasar ikan, telur asin, ayam ataupun daun singkong. Apa jadinya bila makanan ini dibuat dengan bahan dasar tawon? Ini lah yang biasa dikonsumsi masyarakat pedesaan di Jawa Timur. Dengan bumbu dan pelengkap yang sama, makanan ini diolah dan ditambahkan dengan tawon atau lebah.

5. Ulat sagu
ulat-sagu
Tidak seperti ulat pada umunya yang memiliki banyak bulu, ulat sagu memiliki bentuk yang berbeda karena tidak memiliki bulu. Jika ingin mencoba makanan aneh ini, kita bisa datang ke daerah Papua atau Nusa Tenggara. Di daerah tersebut, kita bisa menyantap ulat sagu ini dalam keadaan mentah secara langsung. Jika tidak suka menyantapnya dalam keadaan mentah, masyarakat sekitar akan menyajikan bentuk matang dari makanan ini.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!