5 Makanan Khas Puasa Ramadhan di Beberapa Negara

wpid-fruit-chaat-pakistan-dan-india-utara.jpgSemuaAdaDisini.com – Bulan Ramadhan memang menjadi salah satu bulan paling istimewa untuk semua umat islam. Bukan hanya bulan pengampunan yang diberikan oleh Allah Awt. Melainkan bulan dimana umat manusia di uji dalam menahan hafa nafsunya untuk menahan lapar , haus serta prilaku buruk yang dapat membatalkan puasanya.

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Pastinya waktu adzan magrib adalah moment paling dinantikan untuk kita membatalkan puasa dengan berbuka . Untuk membuat waktu berbuka puasa terasa lebih istimewa lagi, kamu bisa menikmati makanan khas Puasa Ramdhan di beberapa negara.

Selain ibadah puasa kamu lebih sempurna, kamu juga memiliki pengalaman apa saja menu – menu khas puasa di negara lain yang pastinya hanya ada di bulan Suci Ramadhan ini.

Seperti yang dilansir dari merdeka.com, inilah dia 5 Makanan khas puasa Ramdhan di beberapa negara.

1. Fasenjan (Persia)

fesenjan-persia

Fasenjan ini merupakan salah satu kuliner khas Puasa Ramadhan di Persia, Irak, dan Iran . Makanan ini terbuat dari kaldu kental yang terdiri dari sirup kental dan biji kenari dengan memiliki cita rasa manis , asam dan tergantung dengan selera kamu memasaknya. Walaupun terbalut dengan kuah kaldu, tetapi Fasenjan ini merupakan makanan yang tahan lami dan dihidangkan dengan nasi putih atau kuning khas Persia yang disebut polo atau chelo.

2. Fruit Chaat, Pakistan dan India Utara

fruit-chaat-pakistan-dan-india-utara

Fruit Chaat ini merupakan potongan-potongan buah p pepaya, pisang, jeruk, delima merah, anggur, apel, nanas, dan kentang atau ubi manis yang sudah dikukus terlebih dahulu . Setelah itu dibalur dengan saus mayonais dan saus salad yang dibumbui dengan rempah-rempah. Biasanya menu makanan khas Pasa Ramadhan ini dapat di temui di kedai pinggir jalan India Utara dan Pakistan.

3. Batata Harra, Lebanon

batata-harra-lebanon

Batata Harra ini merupakan makanan khas puasa Ramdhan di negara Lebanon yang terbuat dari kentang, paprika merah, ketumbar, cabai, dan bawang putih. Kemudian digoreng bersamaan dalam minyak zaitun. Kadang ditambahkan pula irisan daun ketumbar untuk menambah rasa dan aroma pada hidangan kentang dengan bumbu minimalis yang nikmat di makan saat waktu berbuka puasa telah tiba.

4.Harira, Marako

harira-maroko

Harira ini merupakan makanan yang memiliki kalori tinggi dan baik untuk berbuka puasa. Makanan ini merupakan makanan khas Puasa Ramdhan di negara Afrika Utara seperti Maroko . Harira ini merupakan makanan yang berbentuk sup yang terbuat dari cincangan daging domba, tomat, chickpea, dan rempah-rempah.

5. Ful Medames, Mesir

ful-medames-mesirFul Medames ini merupakan makanan khas puasa Ramdhan di negara mesir g terpopuler di Levant, Somalia, Djibouti, Eritrea, Ethiopia, dan Arab Saudi. Makanan ini mengandung gizi lengkap yang terbuat dari terdiri dari kacang fava lumat yang disajikan dengan minyak sayur, jintan, peterseli, bawang merah, bawang putih dan jeruk lemon. Serta dihidangkan dengan roti, acar sayuran, dan lalapan.

Nah, itulah dia kelima makanan khas puasa Ramadhan di beberapa negara di dunia ini.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!