5 Penjelasan Ilmiah Kenapa Manusia bisa Melihat dan Merasakan Hantu

keracunan-gas-karbon-monoksida-rev1

SemuaAdaDisini.com – Keberadaan sesosok hantu memang dipercayai bagi setiap orang. Keberadaan hantu ini memiliki makna misteri di dunia ghaib yang bisa membuat orang ketakutan. Namun, bagi para akademik, penampakan hantu biasanya diasosiasikan dengan kejadian-kejadian ilmiah yang tengah berlangsung di sekitar hantu itu muncul.

Beberapa penjelasan juga diketahui bahwa manusia bisa melihat hantu ini akibat beberapa materi. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, inilah dia 5 penjelasan ilmiah kenapa manusia bisa melihat dan merasakan hantu.

1. Efek Ideomotor

Seorang peneliti bernama Michael Faraday menemukan efek ideomotor . Efek ini pada dasarnya di pengaruhi pola gerakan tangan akibat kontraksi otot yang dipengaruhi oleh stimulus di otak. Seperti yang terlihat pada permainan jelangkung dimana boneka bisa bergerak sendiri. Hal ini dikarena ketika seseorang mengucapkan sugesti tertentu, otak memproses suatu ekspektasi yang bisa secara otomatis menggerakkan otot, dalam hal ini otot tangan dan dianggap sebagai campur tangan dari makhluk halus.

2. Stimulasi elektrik di otak

Menurut penjelasan ilmiah bahwa manusia bisa melihat dan merasakan hantu ini akibat dipengaruhi oleh stimulasi elektrik di otak. Dimana otak merupakan organ yang terdiri dari sel saraf sehingga dapat menerima dan menyampaikan rangsangan lewat pulsa elektrokimia. Ketika otak mendapatkan  interfensi dari luar yang merusak aliran sinyal elektrokimia, otak dan bagian tubuh tertentu pastinya akan terpengaruh.

3. Keracunan Gas Karbon Monoksida

Gas karbon monoksida merupakan gas sisa pembakaran yang mampu diserap lebih baik oleh tubuh manusia dibandingkan oksigen, yang notabene sangat dibutuhkan oleh tubuh dan otak. Keracunan gas ini dapat membuat seseorang lemas seketika, sesak napas, pusing, halusinasi, hingga kematian. Salah satu contoh keracunan karbon monoksida yang berhubungan dengan penampakan hantu terjadi di tahun 2005.

4. Suara Infrasonik

Suara infrasonik ini dengan frekuensi dalam rentang 17 Hertz sampai 0,001 Hertz ini mampu menghasilkan getaran-getaran aneh yang merambat di sekitar manusia.Bahkan, getaran-getaran akibat suara infrasonik ini mampu menggerakkan benda-benda yang dapat menghasilkan suara aneh. Sehingga akibat suara infrasonik ini orang bisa merasakan seperti  adanya keberadaan hantu.

5. Teori Mekanika Kuantum

Menurut penjelasan ilmiah bahwa kenapa manusia bisa melihat dan merasakan hantu akibat teori mekanika kuantum. Teori mekanika kuantum ini merupakan terori yang mempelajari struktur terkecil seperti atom. Teori mekanika kuantum sering dikaitkan dengan keberadaan manusia setelah mengalami kematian. Meskipun manusia telah meninggal dengan berubah menjadi bentuk energi ‘informasi’ yang berupa penampakan cahaya yang melayang-layang di sekitar pemakaman dan tempat-tempat seram lainnya.

Nah, itulah dia kelima penjelasan ilmiah kenapa manusia bisa melihat dan merasakan hantu.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!