5 Sup Paling Nyeleneh di Dunia

sup aneh

SemuaAdaDisini.com – Semua orang pasti setuju jika salah satu jenis makanan yang ada di seluruh belahan dunia adalah sup. Makanan yang berupa cairan dan umumnya disajikan saat masih hangat ini bahkan telah ada sejak 6000 sebelum masehi. Bukti sup telah ada sejak jaman pra sejarah bisa dilihat dari berbagai temuan alat memasak berupa wadah dari tanah liat untuk merebus dan memasak berbagai bahan makanan. menurut para ahli sejarah, dulunya bahan yang digunakan untuk memasak sup meliputi kulit hewan, daging, sayuran, alang-alang dan lain sebagainya.

Sejak keberadaannya hingga saat ini, sup terus berkembang hingga menjadi makanan sehat nan lezat. saat ini, sup diidentikan dengan campuran bahan makanan padat dan air sebagai kuah yang dimasak dengan cara dididihkan ditambah rasa kaldu, baik dari bumbu maupun kandungan sari rasa dari daging. Secara tradisional, sup dikelompokan pada dua jenis yaitu sup bening dan sup kental. Meski menjadi salah satu makanan yang ada di semua negara, namun sup di tiap wilayah negara atau daerah memiliki rasa, menggunakan bahan serta cara memasak yang berbeda. Jangankan berbicara skala dunia, di Indonesia saja yang terdiri dari negara kepulauan, sup di tiap daerah memiliki ciri dan karakteristik masing-masing, baik dari sisi rasa maupun tampilannya.

Berikut 5 Sup Paling Aneh di Dunia,seperti dikutip dari unikgaul.com

 

1.Deer Placenta Soup

Sup aneh pertama yang akan kita bahas dalam episode kali ini adalah deer placenta soup atau sup placenta rusa. Mendengar namanya saja kita masih asing, apalagi membayangkan rasa dari deer plasenta soup. Sup ini bisa ditemukan di sejumlah restoran di kota shanghai Cina. Makanan berkuah ini terdiri dari bahan makanan padat berupa jamur, bunga, ayam hitam dan tendon rusa dalam kaldu. tak ketinggalan pula bahan yang menjadi ciri khas sup ini yaitu plasenta rusa. Bagi yang baru pertama kali berhadapan dengan deer placenta soup, bisa jadi akan kesulitan menyantapnya karena merasa jijik dan ragu. Bahkan jika membayangkan fungsi dan keberadaan plasenta, seseorang bisa kehilangan selera makannya. Pada saat menyantapnya, seseorang akan mendapatkan plasenta yang kenyal dan elastis. seperti diketahui, plasenta merupakan jaringan embrio yang terbentuk selama kehamilan dari sel-sel janin. Senyawa-senyawa biologis yang unik di plasenta memastikan bahwa janin disertakan dengan nutrisi yang diperlukan dan oksigen yang dibutuhkan untuk keberhasilan pertumbuhan. plasenta dikeluarkan dari tubuh bersamaan dengan proses kelahiran bayi. Restoran di Cina banyak yang menjadikan plasenta sebagai bahan untuk membuat sup karena mengandung formulasi anti penuaan bisa dimanfaatkan untuk meremajakan tubuh. Bukan hanya itu, deer placenta sup juga dipercaya bisa meningkatkan vitalitas dan gairah seksualitas seseorang. Alasan menggunakan plasenta rusa karena dianggap sebagai ordo tinggi pada hewan. Bukan hanya itu, plasenta rusa juga sangat mirip dengan plasenta manusia yang memiliki kadar gizi tinggi serta aman dikonsumsi.

 

2. Bird Nest Soup

Cina bisa jadi dianggap sebaga negara yang paling kreatif dalam menciptakan komposisi unik dan aneh untuk makanan sup. Setelah terkenal dengan sup plasenta rusa, Cina juga masih memiliki resep sup yang unik dan aneh, yaitu brid nest soup atau sup sarang burung walet. Sup ini menjadi salah satu makanan terlezat sekaligus termahal di Cina. Bayangkan saja, untuk satu mangkuk sup sarang burung walet ini, restoran di Cina bisa mematok harga mulai dari 270 ribu rupiah hingga 900 ribu rupiah. Mahalnya sup ini memang cukup beralasan karena untuk mendapatkan satu kilogram sarang burung walet, pemilik restoran harus mengeluarkan uang hingga 18 juta rupiah. Sup ini hampir seluruhnya menggunakan sarang burung walet. Saat dimasak dengan air, sarang burung walet akan larut dan menjadi agar-agar. Sarang burung walet tersebut kemudian ditambahkan dengan bahan dan bumbu lainnya. Masyarakat Cina sebenarnya telah menggunakan sarang burung walet untuk bahan memasak sup sejak berabad-abad lalu. Menurut sebagian kalangan, sup sarang burung walet juga dipercaya bisa menyembuhkan asma, meningkatkan libido serta sistem kekebalan tubuh. Sup sarang burung memiliki dominasi rasa manis. Dengan sensasi rasa yang lezat, sup sarang burung lebih sering digunakan sebagai makanan penutup dan suplemen kesehatan. Bagi yang penasaran dengan sup ini, bahan yang dibutuhkan meliputi satu buah sarang burung walet, satu buah gula batu, satu genggam wolfberries serta dua gelas air. Cara memasaknya sangat sederhana yaitu diawali dengan cuci dan bersihkan sarang burung walet, rendam dalam air dingin selama tiga jam atau hingga lunak. Kemudian, masukan air, sarang burung, gula batu dan didihkan selama dua jam. Setelah matang sajikan untuk dua mangkuk.

 

3. Menudo Soup

Sup unik dan aneh berikutnya adalah menudo yang merupakan sup tradisional Meksiko. Dikategorikan aneh, karena sup yang disajikan untuk acara-acara khusus itu dibuat dengan bahan padat berbagai jeroan sapi. Kebanyakan menudo terdiri dari babat sapi atau jeroan perut lain, bawang, ketumbar, oregano, cabai dan bubur jagung. Setelah dimasak dan matang, babat sapi tidak berbentuk padat lagi. pada saat babat dimasukan ke dalam mulut, konturnya begitu lembut dan seperti meleleh. Agar semua bahan padat menjadi lembut dan nyaris hancur, waktu yang dibutuhkan untuk memasak menudo ini cukup lama yaitu bisa mencapai tujuh hingga sepuluh jam. Dengan semua bahan yang dibutuhkan serta tampilan jadi dari menudo, mungkin tidak semua orang bisa atau ragu saat akan menyantapnya. sepintas, sup menudo lebih tetap disebut bubur. Namun demikian setelah mencicipinya, banyak orang yang bertanya bagaimana cara memasak menudo hingga memiliki rasa lezat. Bagi masyarakat Meksiko, sup ini banyak dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan mereka yang sedang mabuk. Dari dokumen progress administration menunjukan bahwa pada tahun 1930-an, kalangan pekerja migran di arizona, secara rutin memasak dan menyajikan menudo untuk merayakan natal, ulang tahun dan acara lainnya. Menudo biasanya dimakan dengan tortilla atau roti lain seperti bolillo. Dengan popularitas menudo yang sangat tinggi, Meksiko kemudian menjadi pasar ekspor utama untuk babat atau jeroan sapi dari produsen daging amerika serikat, kanada dan negara lainnya.

 

4. Sup Number

Sup aneh lainnya adalah sup number 5. Sup yang dikenal di wilayah asia tenggara ini dikatakan aneh karena menggunakan bahan padat utama berupa testis banteng. dengan campuran bahan lain seperti bawang, wortel dan kaldu, hidangan dari Fillipina ini menjadi sangat populer karena bersifat afrodisiak. Sebagian orang bisa saja merasa risih atau jijik dengan makanan ini, namun demikian tak sedikit pula yang menyukai daging dari banteng ini. Tak seperti beberapa afrodisiak yang benar-benar liar dan berpotensi bahaya, sup banteng ini lebih jinak dan tenang dalam imajinasi.  Memiliki kemiripan manfaat dengan soup number 5, sup kelamin harimau juga banyak digemari sejumlah orang di sebagian negara. Hanya saja, sup kelamin harimau ini menjadi salah satu hidangan paling langka dan mahal di dunia. Sup ini telah ada selama berabad-abad dan menjadi budaya asia karena sifat hampir mistis mirip dengan viagra. Cara memasak sup ini sangat unik dan aneh karena kelamin jantan harimau direndam dalam air selama seminggu dan kemudian direbus hingga 24 jam dengan rempah-rempah dan obat-obatan lainnya. Semangkuk sup kelamin harimau harganya bisa mencapai 400 dolar amerika serikat atau sekitar 3,6 juta rupiah. Tak hanya dikenal dengan harganya yang mahal, sup kelamin harimau ini juga banyak dikecam karena bisa mengakibatkan populasi harimau berkurang. Seperti diketahui, harimau merupakan spesies angka dan dilindungi. namun demikian, hingga saat ini banyak pasar di asia yang masih membawa bagian tubuh harimau untuk diperjualbelikan. Sebuah survei terbaru di new york mengungkapkan, 60 persen dari toko-toko atau pasar sejumlah wilayah asia mengaku masih menjual bagian tubuh harimau. Jika anda memutuskan untuk mencoba memasak sup ini, pastikan mendapat penis harimau asli karena tak jarang sejumlah pedagang menggantinya dengan tendon sapi atau rusa.

 

5.Tiet Cahn

Vietnam Soup Blood Terakhir, sup paling aneh versi spotlite adalah tiet cahn atau Vietnam soup blood. Nama, bentuk dan rasa dari hidangan ini bisa jadi sangat aneh bagi orang indonesia. Bahkan jika melihatnya langsung, kita mungkin sulit menerima jika hidangan tersebut adalah sebuah sup. Hidangan asal Vietnam ini sebenarnya dimasak dengan bahan sederhana yaitu darah baku yang biasanya dari bebek, tembolok, kacang-kacangan serta rempah-rempah sebagai penyedap. Setelah dimasak, sup didinginkan sehingga darah menggumpal. Sup ini selalu disajikan pada saat dingin sebelum darah kehilangan jello. tak terbayangkan bagaimana kita menyantap hidangan ini. Masyarakat Vietnam memasak sup ini dengan cara mengumpulkan darah segar dalam mangkuk yang kemudian mencampurnya dengan kecap ikan dengan takaran tertentu. Setelah itu, siapkan daging cincang seperti jeroan bebek atau tembolok dan daging cincang ke dalam piring dangkal. Bahan dasar tersebut kemudian dicampurkan bersama dengan taburan hancur kacang dan bumbu cincang seperti ketumbar Vietnam, mint, kaldu dan lainnya. Campuran tersebut kemudian diencerkan dengan beberapa kaldu berarir sisa dari memasak daging untuk mempromosikan pembekuan darah. Setelah darah beku dan menetap, hidangan yang telah dingin tersebut dapat segera dihidangkan. Sup darah ini juga dapat disimpan dalam lemari es. Namun, popularitas dari sup ini telah menurun sejak flu burung menyebar di asia. Meski masih banyak yang memakannya, Namun ada kekhawatiran bagi kesehatan masyarakat dalam mengkonsumsi darah bebek.

Komentar Yuk Disini

comments

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!