6 Remaja Iran Dipenjara Karena Unggah Video ‘Happy’ di Youtube

SemuaAdaDisini.com – Iran memberlakukan kontrol internet dengan sangat ketat, Selasa (20/5/2014) lalu polisi Iran menahan enam orang warga setelah mengunggah video yang mengcover lagu berjudul Happy miliki penyanyi asal Amerika Pharrell Williams di youtube.

Klip tersebut memperlihatkan tiga orang laki-laki dan tiga orang perempuan tanpa kerudung bernyanyi di sebuah atap gedung di Ibu Kota Teheran, seperti diberitakan stasiun televisi Al Arabiya, Rabu (21/5/2014).

Kepala polisi Teheran, Hossein Sajedinia mengatakan, “Setelah klip dianggap vulgar dan merusak norma masyarakat itu diunggah di dunia maya, polisi memutuskan untuk mengidentifikasi mereka terlibat dalam pembuatan klip itu.”

Hossein juga menambahkan, “Setelah serangkaian operasi intelijen dan polisi, dan setelah berkoordinasi dengan lembaga peradilan, semua tersangka telah diidentifikasi dan ditangkap,” ujar dia.

 

 

Kelompok konservatif Iran mengatakan banyak anak muda Iran yang meninggalkan nilai-nilai Islam. Padahal menurut hukum Islam yang berlaku sejak 1979 di Iran, kaum perempuan wajib menutupi diri mereka dari kepala sampai ujung kaki.

Isu kebebasan sipil dan hak-hak perempuan di Iran kembali ke permukaan sejak terpilihnya Presiden Hassan Rouhani pada Juni tahun lalu. Rouhani berkampanye mendesak kebebasan budaya dan sosial lebih besar di republik Islam itu.

Berikut video klip lagu ‘Happy’ yang dibuat versi lainnya oleh keenam warga Iran itu;

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!