7 Cara Mendapatkan Pekerjaan Impian

SemuaAdaDisini.com – Ingatkah ketika kita masih kecil, banyak orang bertanya kepada kita “Apa cita-cita kamu kalau sudah besar nanti?”, Kebanyakan Jawaban adalah Guru, Polisi, Tentara, pilot hingga Presiden.

Semakin bertambahnya usia dan jenjang pendidikan yang kita jalani, kita akan menyadari bahwa sebuah pekerjaan bukanlah sesuatu yang dengan mudah kita pilih, namun pekerjaanlah yang memilih kita, hingga akhirnya kita harus bekerja diluar passion kita selama ini.

Lantas, bagaimanakah cara mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan cita-cita kita? inilah yang perlu anda siapkan. Dikutip dari Wikihow.com

1. Analisis Ambisi Anda
Seorang ahli filosofi Alan Watts mengatakan bahwa jalan terbaik untuk mengetahui apa yang harus ada kerjakan dalam hidup anda adalah dengan menanyakan pertanyaan “What would you do if money were no object?” apakah pekerjaan dengan gaji yang melimpah akan membuat anda benar-benar senang? Gaji besar atau kenyamanan yang anda cari?

2. Introspeksi dan realistis
Cita-Cita harus berbanding lurus dengan usaha. Anda harus realistis dalam mengejar cita-cita anda, anda ingin bekerja sebagai seorang dosen misalkan, namun anda hanya lulusan universitas swasta dengan IPK rendah, apa itu mungkin? kejarlah mimpi yang bisa anda kejar, berusaha dan berdoa, karena tidak ada usaha yang sia-sia.

3. Cari Tahu Lebih Banyak Informasi
Setelah anda memutuskan untuk bekerja disalah satu bidang yang sesuai dengan skill anda, langkah selanjutnya adalah mencari info, seperti apakah pekerjaan yang anda idamkan itu, perusahaan manakah yang bonafit dan bisa menjamin kelangsungan pekerjaan anda.

4. Siapkan CV Yang Menarik
Setelah anda mendapatkan informasi tentang perusahaan atau tempat kerja yang pas, langkah berikutnya adalah lolos ke tahap interview. untuk berhasil ketahap interview maka anda harus menarik dan meyakinkan. Jadikan CV anda sebagai ajang “jualan” anda. Sebuah perusahaan pasti memberikan persyaratan untuk bisa bergabung menjadi karyawan, jika anda memenuhi maka diperlukan kelebihan yang anda tunjukan yang membedakan anda dengan pelamar-pelamar lainnya, hasil Toefl tinggi dan referensi kerja akan sangat-sangat membantu.

5. Cari Tahu Sebelum Interview
Jika anda berhasil lolos ke tahap interview, yang perlu anda lakukan adalah mencari tahu mengenai interview, terutama bagi fresh graduate yang baru pertama kali melakukan interview. Interview bukan hanya sekedar melakukan tanya jawab, namun juga pertanyaan yang mengetes anda, biasanya pihak HRD perusahaan diambil dari lulusan psikologi. Dari proses interview maka akan dipertimbangkan apakah anda masuk kriteria yang dibutuhkan perusahaan tersebut atau tidak.

6. Penampilan
“Dont Judge A Book By Its Cover” pepatah tersebut sudah sering kita dengarkan. Namun penampilan pertama dalam sebuah perkenalan sangatlah penting, karena ada pepatah lain yang menyebutkan “Ajine Rogo Soko Busono”. Cara berpakaian seseorang merepresentasikan personalitynya. Gunakanlah pakaian formal, Lebih baik menggunakan Office Look yang akan sanagt membantu anda lebih percaya diri dalam mengahdapi interview.

7. Jangan Putus Asa
Inilah Hal terpenting, Jika anda tidak menerima panggilan dari perusahaan baik sebelum maupun sesudah proses Interview, tetaplah tenang dan jangan berputus asa, cobalah terus diperusahaan lain.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!