7 Hal Yang Membuat AQJ Alias Dul Ahmad Dhani Bebas dari Jeratan Hukum

sidang-dul-2-140715

SemuaAdaDisini.com – AQJ alias Dul Ahmad Dhani di nyatakan bebas dari jeratan hukum akibat kecelakaan maut yang telah menewaskan tujuh orang tersebut. Sebenarnya Dul dinyatakan akan di penjara selama setahun dalam masa percobaan dan dua tahun serta denda Rp 5 juta.

Namun, dalam persidangan yang dilakukan kemarin menyatakan Dul berhasil bebas dari tuntutan dan hukuma penjara yang sebenarnya harus ia terima tersebut.

Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis Dul dengan mengembalikannya kepada orangtuanya. Hal ini membuat Dul menjadi bebas dan tak akan mendekam di penjara selama bertahun-tahun.

Nah, seperti dilansir Liputan6.com,  berikut inilah yang Hakim cermati sehingga Dul bebas dari jeratan hukum yang mengancam dirinya.

1. Dul menunjukan sikap yang baik selama sidang

Selama dalam persidangan Dul menunjukan sikap yang baik dan sopan santun sehingga hakim percaya jika Dul bukan anak nakal dan bisa dibina menjadi lebih baik lagi.

“Pengamatan selama proses persidangan terdakwa selalu menunjukan sopan santun, terdakwa bukan anak nakal. Namun hanya karena kurang perhatian, kemudian terdakwa masih bisa dibina. Bila harus dijatuhi pidana dikhawatirkan bisa memberikan stigma negatif kepada kejiwaan anak,” kata Petriyanti, hakim ketua di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

2. Ada perdamaian antara kedua belah pihak

Hal yang meringankan Dul selanjutnya adalah adanya perdamaian antara keluarga Dul dan keluarga Korban. Bahkan keluarga korban sendiri yang memeinta agar kasus ini segera di tutup.

“Telah terjadi perdamaian antara para korban dan terdakwa. Dalam persidangan keluarga para korban meminta supaya kasus ini tidak dibawa ke ranah hukum,” ucap hakim Petiyanti.

3. Keluarga Dul mau bertanggung jawab

Keluarga Dul mengatakan meraka akan bertanggung jawab semua kerugian yang dialami oleh keluarga korban.

“Fakta yang terungkap, keluarga terdakwa sungguh-sungguh menunjukkan tanggung jawabnya. Keluarga terdakwa telah membantu seluruh biaya rumah sakit. Bahkan, ayah terdakwa sudah menyanggupi akan membiayai sekolah anak-anak korban hingga ke perguruan tinggi,” sambung Petriyanti.

4. Maia Estianty dan Ahmad Dhani mau membimbing Dul

Ahmad Dhani dan Maia Estianty sudah sepakat mau membimbing Dul untuk menjadi anak yang lebih baik lagi.

“Orangtua terdakwa mengatakan bahwa dirinya masih sanggup untuk mendidik, merawar dan memberikan perhatian. Ibu kandung terdakwa berjanji akan memberikan waktu dan perhatian khusus kepada terdakwa,” jelas hakim.

5. Dul mau mengakui kesalahan dan menyesal

Dul mengatakan ia sangat menyesal dengan kejadian yang menewaskan  tujuh orang tersebut, ia juga berjanji ingin menjadi anak yang lebih baik lagi.

“Terdakwa menyampaikan penyesalan usai kejadian itu. Terdakwa juga berjanji akan menjadi anak yang saleh dan tidak akan mengulangi kesalahannya serta akan menjalin silaturahmi dengan semua keluarga korban,” urainya.

6. Dul anak berbakat

Dul di anggap memiliki bakat yang tinggi, sehingga sebagai penerus bangsa Indonesia ini Dul di beri kesempatan untuk berkarya.

“Sebagai seorang anak Indonesia yang berpotensi, terdakwa perlu mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk kembali berkarya,” papar hakim.

7. Hakim melihat UU perlindungan anak yang baru

Hakim melihat Uu perlindungan anak yang baru di mana  kasus pidana anak menekankan pada keadilan pemulihan keadaan.

“Meski saat ini kami masih menggunakan UU Peradilan Anak tahun 1997, namun kami sepakat untuk menyongsong semangat UU Peradilan Anak yang baru di mana setiap kasus pidana anak mengadopsi restorasi justice. Serta berorientasi kepada pelaku untuk meminta maaf langsung kepada korban. Demi mengurangi adanya rasa permusuhan,” tutur hakim.

Nah, itulah dia ke lima hal yang bisa membuat AQJ alias Dul Ahmad Dhani bebas dari jeratan hukum.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!