8 Fakta Unik Tentang Planet Bumi

bumi

SemuaAdaDisini.com – Tinggal di bumi bukan berarti tahu segalanya tentang bumi. Di “Hari Bumi” ini, tentu ada banyak hal yang perlu diketahui tentang bumi, termasuk 8 fakta unik yang wajib kamu tahu mengenai Planet Bumi ini. Dikutip daari fairyandfunny berikut infonya :

 

3 Material Cair
Bumi adalah satu-satunya planet dengan tiga jenis material cair, yakni dalam bentuk es padat, lautan (cair), dan dalam bentuk awan (uap). Hal ini disebabkan oleh air merupakan materi yang sangat penting bagi kehidupan manusia yang menempati bumi.
Usia Bumi dan Masa Pakai Baterai
Usia bumi sudah hampir 5 miliar tahun, meskipun kehidupan baru dimulai sekitar 150 juta sampai 200 juta tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa kehidupan di Bumi sama halnya dengan 5 -10% dari masa pakai baterai.
Bumi dan Merkuri
Planet Bumi dan Planet Merkuri merupakan dua planet yang paling padat di Tata Surya. Hal ini menandakan bahwa Bumi dibuat berdasarkan partikel yang padat.
Tahun Kabisat
Bumi membutuhkan 365 hari dengan untuk bisa mengelilingi orbit Matahari. Namun, perhitungan tersebut di dalam tahun Syamsiah tidaklah sama sehingga terdapat sisa 5 jam 48 menit 45,1814 detik yang jika dibulatkan akan menghasilkan kelebihan 1 hari per 4 tahun. Tahun inilah yang biasa kita sebut dengan Tahun Kabisat.
27 Jam per Hari
Pada zaman dulu, satu hari di bumi sama dengan 20 jam. Namun, karena peredaran bumi yang melambat, maka sekarang 1 hari di bumi sama dengan 24 jam. Beberapa literatur luar memprediksi bahwa suatu hari, bumi akan memiliki waktu 27 jam per harinya.
Cairan yang Lebih Panas dari Matahari
Inti dari pusat bumi adalah cairan dengan batuan cair yang nantinya keluar dalam bentuk letusan gunung berapi dengan suhu 7.500 °C. Yang artinya, panasnya melebihi panas matahari.
79 Persen Cairan
Meskipun bumi identik dengan daratan, namun pada kenyataannya, Planet Bumi ini terdiri atas 79 persen cairan dan sisanya berbentuk padatan.
Planet Paling Aktif
Satu-satunya planet di Tata Surya yang diketahui aktif secara geologi adalah Planet Bumi. Gempa bumi, letusan gunung berapi, pengisian karbon dioksida ke atmosfer, dan penghapusa dampak kawah dari meteor merupakan bukti aktivitas geologis bumi. sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!