8 Tips Atasi Kantuk Ketika Bekerja

SemuaAdaDisini.com – Salah satu godaan terbesar ketika berada di kantor adalah rasa kantuk. Ketika seharian menghadap komputer, membereskan dokumen dan berkas.

Serangan kantuk datang secara tiba-tiba, dengan sendirinya tubuh akan merespon, biasanya dengan menguap dan menggerakan anggota badan.

Bagi sebagian yang tidak tahan dengan rasa kantuk, mereka biasanya memilih memejamkan mata barang sebentar. Namun sayang, sering juga yang terlalu keenakan.

Nah, dilansir dari LifeHack, Kamis (22/5/2014), dibawah ini adalah tips untuk mengatasi rasa kantuk ketika bekerja.

Tidur siang

Tidak ada yang mengalahkan godaan tidur siang ketika seseorang begitu lelah bekerja. Mengantuk adalah sinyal dari tubuh untuk beristirahat.

Anda bisa mencoba dengan sejenak tidur siang, cukup 10-15 menit bisa mengembalikan kesegaran tubuh Anda.

Ganti tugas

Rasa jenuh ketika menghadapi kerjaan yang sama bisa membuat rasa kantuk datang lebih cepat. Cobalah untuk mengerjakan kerjaan yang lain, atau menukar urutan pekerjaan.

Hal ini bisa membuat perspektif yang berbeda. Sehingga otak akan selalu waspada karena menghadapi sesuatu yang terasa baru.

Senam kecil

Bisa dilakukan dengan peregangan atau sedikit jalan-jalan. Cobalah untuk mencari udara segar, dan jauhi komputer.

Duduk sepanjang hari tidak baik untuk kesehatan, maka dari itu sangat dianjurkan melakukan gerakan-gerakan ringan untuk mencegah kekakuan tubuh.

Perhatikan makanan

Mengkonsumsi makan berat ketika makan siang akan dengan cepat menyebabkan kantuk. Anda bisa bisa berhenti makan sebelum Anda benar-benar merasa kenyang.

Gunakan pasta peppermint

Peppermint merupakan stimulan alami yang membuat Anda tetap waspada

Menyeduh kopi

Tak ada yang mengalahkan efek caffeine dari kopi. Caffeine adalah stimulan yang mampu membuat kinerja otak dan mata tetap terjaga.

Meditasi

Lakukan dengan posisi duduk tegak, atur pernapasan. Untuk membantu konsentrasi, Anda bisa menggunakan earphone.

Dengarkan musik keras

Jika cara di atas tidak cukup berhasil, Anda bisa mengalihkan gangguan kantuk dengan gangguan lain, yakni musik dengan irama beat dan tempo yang cukup cepat.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!