Balapan Mobil-Mobil Tercepat dengan Pesawat Jet

balapan mobil dengan jet

SemuaAdaDisini.com – Di ranah otomotif, banyak cara ditempuh untuk menguji seberapa buas mobil-mobil yang menjanjikan performa pabrikan dunia. Tak cuma diadu dengan mobil-mobil sekelas, beradu akselerasi dengan pesawat terbang pun acapkali ditempuh.

Ada beberapa aksi yang dilakukan sejumlah pihak untuk mengadu mobil dengan pesawat terbang, apa saja? Berikut selengkapnya seperti yang dikutip dari liputan6.com

 

Chevrolet Corvette ZR1 Vs Jet F/A-18 Hornets

Mendapat julukan Blue Devil, supercar ini merupakan kendaraan yang dilahirkan berdasarkan iterasi Corvette C6.

Mengusung mesin LS9 berkapasitas 6,2 liter supercharged V8 dengan kombinasi transmisi manual enam percetapan, Corvette ZR1 mampu menyemburkan tenaga sebesar 638 horse power (HP) dan torsi 819 Nm.

Meski di atas kertas mobil ini bisa berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 3,3 detik dan menembus kecepatan maksimum 330 km/jam, Corvette ZR1 ditantang untuk membuktikan ketangguhannya dengan ‘berhadapan’ langsung dengan andalan armada udara Angkatan Laut Amerika Serikat, F/A-18 Hornet.

Berdasarkan video yang beredar, awalnya supercar ala AS itu mampu berakselerasi lebih baik, namun jet tempur F/A-18 Hornet akhirnya bisa mematahkan kemampuan lari Corvette ZR1.

 

Bugatti Veyron Vs Euro Fighter

Top Gear nampaknya punya skenario lain untuk menguji akselerasi Bugatti Veyron. Mereka pun tak tanggung-tanggung menantang Eurofighter Typhoon, yang merupakan pesawat tempur multi peran sayap delta dan sayap kanard bermesin ganda super lincah.

Mobil yang masuk dalam koleksi penyanyi Justin Bieber ini ditopang mesin berkapasitas 8,0 liter berbasis V8 yang menelan 16 liter bensin per menit. Tak heran, jika mobil ini bisa melaju dengan kecepatan puncak sebesar 400 km per jam.

Sementara lawannya, menggendong mesin Eurojet EJ200 yang memiliki kecepatan jelajah 1.838 km/jam dan kecepatan maksimum 2.495 km/jam.

Di atas kertas Bugatti Veyron memang sudah kalah telak. Meskipun pada awalnya, mobil itu sempat berakselerasi lebih dahulu sebelum lagi-lagi dipatahkan pesawat jet.

 

Lamborghini Huracan Vs Sukhoi

Kisah unik dari jagat roda empat kembali datang dari Rusia. Kali ini, sebuah ajang balap ‘tak biasa’ sukses membuat puluhan ribu pasang mata terpukau. Bagaimana tidak, Lamborghini Huracan kali ini harus menantang pesawat tempur berjenis Sukhoi Su-27 Flanker .

Lamborghini Huracan awalnya sukses melampaui kecepatan Sukhoi Su-27 Flanker. Namun, tak lama berselang, dua mesin jet yang terdapat di pesawat tempur itu berhasil mematahkan kemampuan ‘banteng’ ala Italia itu.

Menurut laporan, Lamborghini Huracan yang bertarung menggunakan mesin standar dari LP610-4. Di atas kertas, mobil ini dikemas mesin V10 berkapasitas 5,2 liter bertenaga 610 PS. Sedangkan Sukhoi Su-27, hadir dengan mesin kompak ganda dengan jarak jelajah sejauh 3.530 km.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!