Banyak Tertawa Bikin Kamu Tidak Mudah Pikun

hgsj

SemuaAdaDisini.com – Usia tidak hanya akan berpengaruh pada wajah, tetapi juga semua organ manusia termasuk juga otak. Semua organ di tubuh manusia akan mengalami penurunan fungsi di saat usia yang tidak muda lagi, salah satunya adalah otak yang berkaitan tentang ingatan.

Di usia yang tidak muda lagi, seseorang akan mengalami penurunan daya ingatan pada otak. Seperti yang kita ketahui semakin tua usia seseorang maka kepikunan juga akan menyerang.

Semua orang juga sudah tau bahwa pikun adalah salah satu penyakit tua yang tidak ada obatnya. Namun, meskipun tidak ada obatnya, penyakit tua ini bisa dicegah sejak dini. Mau tau caranya? Caranya yaitu dengan  tertawa.

Mungkin kamu sudah tidak kaget atau merasa aneh lagi ketika mendegar kata tertawa. Tertawa memang dipercaya sejak dulu hingga sekarang sebagai obat awet muda yang paling mujarab. Namun, tak hanya awet muda pada wajah saja, tertawa juga bisa membuat daya ingat awet muda meskipun usia sudah tua.

Seperti dilansir Vemale.com, tertawa dapat mencegah terjadinya pikun di usia tua. Sebuah penelitian mengatakan bahwa tertawa dapat mengurangi tingkat stres seseorang.

Hal ini disebabkan karena tertawa dapat menurunkan produksi zat kimia  yang disebut kortisol. Jika produksi kortisol berkurang, maka akan menghilangkan  neuron hippocampal, yang akan memprbaiki otak ketika tidak stres.

Tertawa juga diketahui dapat menimbulkan rasa senang dan gembira sehingga dapat membuat kinerja otak akan semakin baik dan  dapat membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik.

Nah, oleh karena itu, sebaiknya jika kamu ingin selalu awet muda, baik wajah mau pun ingatan perbanyaklah tertawa. Lakukan apa yang bisa membuat kamu tertawa, seperti menonton acara komedi, atau bersanda gurau dengan teman-teman. Dengan begitu pikun tidak akan menghampiri kamu.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!