Belangikhan, Ritual Menyambut Bulan Ramadhan di Lampung

Belangikhan

 
SemuaAdaDisini.com – Menjelang bulan suci ramadhan, biasanya ada banyak sekali tradisi yang dilakukan oleh setiap daerah atau pun negara yang pastinya berbeda-beda dengan daerah dan negara lainnya.

Biasanya ada daerah yang melakukan tradisi menyambut bulan suci ramadhan dengan melakukan pawai, atau berjalan keliling daerah dengan berbagai kostum unik yang berkaitan dengan bulan suci ramadhan.

Namun, di daerah lain juga memiliki ritual unik untuk menyambut bulan suci ramadhan yang tinggal dua hari lagi. Seperti di daerah Lampung, warga di sana melakukan ritual yang di sebuat dengan Belangikhan.

Belangikhan ini adalah ritual untuk menyambut bulan suci ramadhan yang dilakukan dengan cara mandi bersama di sebuah sungai. Mandi bersama itu bertujuan untuk membersihkan diri sebelum masuk pada bulan suci ramadhan.

Seperti dilansir Tribunnews.com, ritual tersebut di gelar di sungai Batuputu, Kali Akar, Bandarlampung pada kamis, 26 Juni 2014.

Menurut pemerintah di sana, Belangikhan bukan hanya merupakan ritual membersihkan diri, tetapi juga membersihkan hati sebelum menyambut bulan suci ramadhan.

Ritual ini di mulai dengab pembacaan doa-doa di sungai lalu, para bujang dan gadis akan mandi bersama di sungai tersebut.

Kemudian, setelah selesai mandi, orang-orang yang mengikuti ritual tersebut tidak langsung pulang, tetapi menunggu berkah berupa ikan-ikan yang di tebarkan oleh pemerintah setempat di sungai tersebut.

Selain itu, ada juga barang lain berupa pakaian yang akan di simpan di atas pohon pinang. Jika, orang-orang ingin mendapatkannya, maka mereka harus memanjat pohon pinang tersebut untuk mengambilnya.

Ritual ini tempaknya sangat meriah karena ada ribuan warga yang mengikuti ritual ini. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti ritual tersebut.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!