Fenomena Fernado, Tornado Bebentuk Pilar Api di Amerika

SemuaAdaDisini.com – Sebuah fenomena langkah tertangkap kamera Janae Copelin. Fenomena tornado api, atau yang disebut fernado, gabungan dari kata fire dan tornado.

Awalnya Copelin tengah melintas jalan raya di dekat Chillicothe, Missouri, Amerika Serikat, namun seketika ia melihat sebuah pilar api yang bergulung membakara semak dan mengeluarkan asap hitam.

Kontan Copelin memfoto dan menguploadnya di Instagram.

 

tornado_api

 

“Ini adalah hal terkeren atau bisa jadi paling menakutkan yang pernah saya lihat,” tulisnya pada caption yang menyertai foto tersebut.

Copelin juga menambahkan “Suara dan panas yang intens dan agak menakutkan tidak tahu apakah itu, tapi itu hanya berlangsung beberapa menit.”

Dilansir dari Nydailynews, pada dasarnya fernado sering terjadi di savana yang dipenuhi rerumputan kering pada musim panas, hanya ukurannya jarang yang sebesar ini.

Para peneliti menyebut tornado api terjadi karena proses pyro-tornadogenesis yang dipicu panas tinggi serta pusaran angin kuat, sebelumnya juga pernah dilaporkan fenomena fernado di Canberra, Australia pada 2003 lalu.

(nay)

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!