Hacker Iran Kendalikan Pejabat AS Lewat Situs Pertemanan

SemuaAdaDisini.com – Hubungan bilateral Iran dan AS dikenal tidak akur. Kedua negara tersebut pun saling bersaing untuk mendapatkan informasi rahasia negara masing-masing.

Kabar terbaru menyebutkan sejumlah hacker dari Iran tertangkap setelah melakukan serangkaian kegiatan spionase.

Seperti diberitakan dari Mashable, Jumat (30/5/2014), para hacker tersebut membuat banyak akun anonim di sejumlah social media seperti Google +, Facebook, Twitter dan LinkedIn. Diduga kegiatan mata-mata dari dunia maya itu telah berlangsung selama 3 tahun.

Awalnya aktivitas spionase tersebut diketahui oleh para ahli kemanan di iSight. Menurut iSight, para hacker tersebu mampu mengumpulkan kegiatan sang target, bersamaan lokasi, jaringan sosial terbaru, serta informasi penting lainnya.

Seperti diberitakan pula oleh TIME, agen-agen Iran itu menargetkan lebih dari 2.000 pejabat AS. iSight mengetahui keberadaan mereka berdasarkan jam operasi, jadwal mingguan, serta sifat target operasi mereka.

“Para hacker itu membuat akun palsu lalu berteman dengan para pejabat Amerika yang menjadi target mereka,” ujar pihak iSight.

iSight menyimpulkan dari serangkain operasi selama ini yang tersusun rapi dan sistematis, kemungkinan besar agen-agen Iran tersebut telah mencuci otak para pejabat yang menjadi target, sehingga mereka berbalik menyerang AS dan membocorkan rahasia negara ke pihak Iran.

iSight sendiri bekerja untuk FBI dan instasi pemerintahan AS yang berbasis di Dallas.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!