Hati-hati! Mesin Pengering Tangan Lebih Banyak Kumannya Dibanding Tisu

mesin pengering

SemuaAdaDisini.com – Setiap kali kita makan di restoran dan ditoilet mal, Banyak kita jumpai mesin pengering tangan dengan mudahnya. Namun hati-hati ternyata mesin ini lebih banyak menyebarkan kuman loh dibandingkan dengan mengeringkan dengan tisu.

Mesin pengering tangan mudah dijumpai di berbagai restoran dan toilet di mal. Tetapi, tidak banyak yang menyadari bahwa metode kerja mesin itu justru menyebar kuman lebih banyak pada tangan Anda.

Dalam Journal of Hospital Infection hasil penelitian Universitas Leeds, Inggris ternyata mesin pengering lebih banyak kumannya dibandingkan dengan tisu. Perbandingannya 27 kali lipat loh lebih banyak  dibanding kuman di tisu yang ada di toilet umum.

Profesor di Universitas Leeds, Mark Wicox “Saat Anda mengeringkan tangan di toilet umum menggunakan mesin pengering tangan elektrik, Anda akan terkontaminasi bakteri tanpa Anda sadari”. Ungkapnya ” Anda juga dapat terserang ‘binatang kecil’ dari tangan orang lain,” tambahnya dilansir dari metrotvnews.com.

Tim penelitian sengaja mengkontaminasikan bakteri lactobacillus ditangan mereka, kemudian peneliti melakukan adegan reka ulang mengeringkan tangan setelah mencuci tangannya.

Hasilnya bateri lactobasillus masih ada dan jumlahnya malah meningkat 4.5 lebih banyak dibandingkan dengan mesin yang hanya mengeluarkan udara hangat. Jumlah ini lebih tinggi 27 kali dibanding dengan bakteri yang ada di tisu toilet. Lactobacillus dalam waktu 15 menit tetap masih ada di udara.

“Temuan ini penting untuk memahami cara-cara di mana bakteri menyebar, dengan potensi untuk mengirimkan penyakit,” ungkapnya.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!