Ini Penampakan Menara Setinggi 1 Km Bikinan Arab Saudi

menara tertinggi arab

SemuaAdaDisini.com – Dubai saat ini menjadi juara dari semua hal terbesar, tertinggi, terpanjang dan termahal. Tapi sepertinya semua ini bakal tersaingi oleh tetangganya, Arab Saudi.

Gedung tertinggi di dunia yang menjadi ikon Dubai, Burj Khalifa, rekornya akan terpecahkan jika rencana Arab Saudi membangun menara tertinggi di dunia bisa terealisasi. Menara ini akan dibangun di Jeddah, Arab Saudi.

Ada fakta menarik mengenai menara kerajaan yang disebut Kingdom Tower di Jeddah ini. Dikutip dari CNN, Senin (27/4/2014), berikut daftarnya.

Tinggi

menara tertinggi arab1

Saat ini predikat gedung tertinggi dipegang oleh Burj Khalifa, di Dubai dengan tinggi 2.716 kaki atau 827 meter. Sedangkan gedung pencakar langit yang tengah direncanakan akan dibangun di Arab Saudi setinggi 3.280 kaki atau 1 kilometer.

Biaya

biaya

Biaya konstruksi Kingdom Tower diperkirakan mencapai US$ 1,23 miliar. Kingdom Tower akan memiliki 200 lantai yang langsung menghadap ke Laut Merah. Diperkirakan konstruksi dari menara ini akan membutuhkan 80.000 ton baja dan 5,7 juta kaki kuadrat beton.

Teras Tertinggi di Dunia

teras tertinggi

Direncanakan di lantai 157 akan dibuat teras atau semacam balkon. Jika terealisasi, maka ini akan menjadi teras tertinggi. Untuk membangun gedung ini, tekanan angin bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk menagntisipasinya, desain dari struktur akan berubah di beberapa lantai.
Pondasi Ditanam 200 Meter

pondasi

Struktur akan berhadapan dengan Laut Merah, dan menjadikan tantangan tambahan dalam proses konstruksi. Khususnya untuk membangun pondasi 60 meter.
Dibangun Minggu Depan

dibangun minngu depan
Menurut Construction Weekly, pembangunan dari Kingdom Tower akan mulai dilakukan minggu depan.

sumber :detik.com

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!