Inilah Legenda 5 Sungai Terpanjang di Dunia

SemuaAdaDisni.com – Menikmati air kehidupan sangatlah mudah, namun mempertahankannya yang sulit. Itulah sebabnya, kita harus senantiasa menjaga sungai-sungai yang ada agar sumber daya air tidak habis akibat pencemaran dan kekeringan. Dilansir Lintas.me Berikut ini adalah beberapa sungai terpanjang yang mengagumkan di dunia, dan tentu perlu dipelihara untuk tetap memberikan sumber kehidupan bagi kehidupan manusia.

Sungai Nil dan Masyarakat Mesir Kuno

sungai nil

Sungai dengan panjang 6.650 km ini sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan? Energi sungai ini banyak dimanfaatkan oleh bendungan Aswan, menyediakan pembangkit listrik tenaga air, dan berfungsi mengendalikan banjir saat musim panas.

Sungai terpanjang pertama di dunia ini mengalir melalui Mesir, bagian utara Afrika, Sudan, Eritrea, Ethiopia, Uganda, Kenya, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Republik Demokratik Kongo, serta sembilan negara di timur. Sungai ini juga memberikan pemenuhan kebutuhan atas persediaan air minum dan irigasi tanaman.
Sungai Amazon dan Pejuang Wanita Yunani Kuno

sungai amazon

Sungai terpanjang kedua di dunia ini memiliki panjang 6.640 km dengan volume terbesar di dunia. Sungai ini mengalir mulai dari Peru menuju Brasil, dan bermuara di Samudera Atlantik yang memiliki daerah aliran sungai meliputi Brasil, Bolivia, Peru, Ekuador dan Kolombia.

Berbagai makhluk hidup di sekitar sungai ini sangatlah menakjubkan karena di sinilah habitat berbagai burung, mamalia, dan satwa liar lainnya, termasuk 4.000 spesies kupu-kupu.

Nama sungai ini diberikan oleh sang penakluk Eropa, Francisco de Orellana, yang diserang oleh para prajurit wanita selama penjelajahannya dari tahun 1541 sampai 1542. Amazon sendiri merupakan sebutan bagi pejuang wanita pemberani dari mitologi Yunani kuno yang kemudian diberikan nama sungai untuk menghormati mereka.
Sungai Yangtze dan Legenda Baiji

sungai yangtze

Sungai dengan panjang 6.300 km ini berfungsi untuk memisahkan antara China Utara dan China Selatan. Sungai ini memiliki misteri berupa legenda Baiji atau lumba-lumba air tawar sungai yang dianggap sebagai reinkarnasi seorang putri kerajaan China. Putri China itu diceritakan sebagai sosok yang menenggelamkan dirinya sendiri di Danau Ting Tung, yakni bagian dari sungai Yangtze.
Sungai Mississippi dan Dewa Matahari

Sungai Mississippi

Sungai dengan panjang 6.275 km ini merupakan sungai terpanjang di Amerika Utara. Nama sungai ini berasal dari kata-kata asli suku Chippewa “Mici Zibi,” yang berarti “sungai besar”. Misteri nama sungai ini bermula dari seorang penakluk dan penjelajah Spanyol yang bernama
Hernando de Soto. Ia adalah orang Eropa pertama yang menemukan sungai ini pada tahun 1541 saat melakukan pencarian emas. Dalam perjalanan ini, ia meyakinkan warga asli Amerika yang tinggal di tepi sungai bahwa ia adalah seorang dewa matahari yang abadi.
Sungai Yenisei-Angara si Sungai Ibu

Sungai Yenisei-Angara

Sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik ini memiliki panjang 5.464 km yang juga membatasi selatan tengah Rusia dan Mongolia. Sungai ini akan membeku selama musim dingin, dan mencair selama musim semi sehingga terkadang sering terjadi banjirt akibat bagian atas Yenisei yang mencair sebelum bagian yang lebih rendah dari sungai ini.

Nama Sungai Yenisei ini berasal dari kata Anas, yang berarti “Sungai Ibu”, sebuah gelar yang diberikan oleh pemukim kuno Turki di Altai.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!