Inilah Syarat Menjadi Calon Presiden Indonesia

SemuaAdaDisini.com - Gegap gempita pesta demokrasi 5 tahunan akan memasuki puncak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada 18 Mei.
Salah satu syarat mutlak partai politik atau koalisi mengajukan Pasangan Capres adalah memperoleh minimal 20 persen atau memperoleh 25 persen suara sah nasional Pemilu Legislatif.

Menurut Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Komisioner KPU yang dikutip dari Okezone(9/5/2014).

“Kalau berdasarkan jumlah kursi berarti hitungannya 20 persen dari 560 kursi DPR atau 112 kursi. Artinya partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki 112 kursi di DPR dapat mengajukan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.”

Ferry juga menambahkan “Untuk menentukan angka 25 persen perolehan suara sah secara nasional dalam Pemilu Anggota DPR akan diketahui setelah penetapan rekapitulasi penghitungan suara secara nasional.”

Partai politik yang mengajukan pasangan capres-nya tidak bisa dibatalkan, atau diganti ditengah jalan. Sebab proses administrasi sudah menganggap sah pasangan tersebut sehingga tidak bisa diganggu gugat.

Untuk setiap capres dan cawapres yang berasal dari pejabat negara mesti mengundurkan diri. Pejabat negara tersebut diantaranya ketua Mahkamah Agung (MA), Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), dan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara bagi kepala daerah harus meminta izin cuti secara tertulis kepada presiden.(nay)

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!