Iran Berhasil Membuat Tiruan Pesawat Tanpa Awak AS, RQ-170 Sentinel

SemuaAdaDisini.com – Pemerintah Iran mengklaim membuat tiruan pesawat tanpa awak milik AS, RQ-170 Sentinel yang pernah mereka tangkap pada 2011 lalu.

Pesawat tanpa awak yang juga dikenal sebagai pesawat siluman itu di tunjukan pada ajang pameran Islamic Revolution Guards Corps (IRGC) Aerospace Forces’ Central Command, dihadiri oleh pemimpin Revolusi Islam, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei.

 

pesawat_siluman

 

Pesawat lain yang seperti Shahed 129 dan 125 juga ikut dipamerkan.

RQ-170 Sentinel yang tertangkap berhasil di analisa dan di rekayasa oleh ahli IRGC selama 2 tahun. RQ-170 Sentinel sendiri dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan Lockheed Martin.

pesawat_siluman

Pada 2011 lalu pesawat tersebut jatuh setelah terkenal serangan rudal pasukan Angkatan Darat Iran pada 4 Desember saat melintas di kota Iran Zeigler, sekitar 225 kilometer (140 mil) dari perbatasan Afganistan.

Dilansir dari Presstv.ir, Senin (12/5/2014), Joberman, ketua komite keamanan dalam negeri mengatakan, “Tentu sesuatu yang buruk bagi AS ketika pesawat tak berawak jatuh di Iran, dan tidak baik ketika Iran meraihnya (tapi) saya tidak memiliki keyakinan kalau mereka benar-benar mampu membuat salinannya.”

 

pesawat_siluman

Berita keberhasilan Iran tersebut tentu membuat AS kembali meradang.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!