Jangan Sembarang Minum Obat Batuk

Jangan Sembarang Minum Obat Batuk

SemuaAdaDisini.com – Batuk sering kali menyiksa terutama di malam hari, tetapi ngat ketika anda batuk jangan sembarangan minum obat, yuk kita lihat ulasan mengenai minum obat batuk sembarangan ini 

Beberapa penyebab batuk :

  1. Infeksi
  2. Alergi atau peradangan : asma, sinusitis, bronchitis, cacingan
  3. Racun paru-paru : asap rokok, partikel renik, gas, asap sampah
  4. Aspirasi : benda asing di saluran nafas
  5. Penyakit paru-paru : tumor, radang paru-paru
  6. Penyakit di luar paru-paru : penyakit jantung bawaan, gagal jantung, batuk psikogenik ( batuk karena alasan kejiwaan )

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan batuk, sehingga dikenal ada beberapa jenis batuk.  Jadi jika ingin batuk segera reda obatnya harus tepat.  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian obat batuk.

  1. Si kecil tak perlu obat, jika batuknya merupakan mekanisme perlindungan tubuhnya. Batuk merupakan refleks fisiologis untuk mengeluarkan dan membersihkan saluran pernafasan dari benda asing yang merangsang terjadinya refleks batuk tersebut.
  2. Batuk yang penyebabnya alergi tidak perlu diberi obat untuk melawan infeksi (antibiotika)
  3. Untuk batuk berdahak gunakan obat batuk ekspektoran yang dapat membantu pengeluaran cairan di saluran pernafasan dan mencairkan dahak. Untuk batuk kering gunakan obat batuk non ekspektoran, batuk ini biasanya karena alergi.  Sebaiknya pilih obat batuk yang spesifik saja, sebab jika batuknya berdahak diberi obat untuk batuk kering maka dahaknya tidak bisa keluar. Kondisi ini bisa mengakibatkan infeksi paru, sebaliknya jika batuk kering diberi obat batuk untuk mengeluarkan dan mengencerkan dahak malah akan mengakibatkan batuk berdarah.
  4. Untuk mengetahui jenis batuk si kecil anda bisa mendengarkan dari suaranya, apakah batuknya terdengar nyaring dan kering atau berdahak.
  5. Untuk batuk yang disebabkan infeksi (radang) umumnya perlu obat antibiotika dengan resep dokter (harus periksa dokter dulu).
  6. Penyebab batuk tersering pada anak adalah IRA (infeksi respiratorik akut) yang sebagian besar disebabkan virus dan bersifat sembuh sendiri. Jadi batuk jenis ini akan membaik tanpa pemberian antibiotika.
  7. Apapun jenis batuknya, sebaiknya bawalah si kecil ke dokter, agar bisa diperiksa dengan seksama. Dengan demikian obatnya pun dapat diberikan secara tepat.

Sumber : Ayahbunda

Komentar Yuk Disini

comments

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!