Lezatnya Pecel Madiun Sambel Tumpang

pecel madiun sambal tumpang

SemuaAdaDisini.com – Di beberapa kota di Jawa Timur, pecel kerap jadi menu sarapan yang sudah sangat dikenal. Mencari pecel, anda tinggal menyusuri Jalan Bhayangkara. Di sepanjang Jalanan yang sarat dengan pemukiman penduduk ini terselip diantara penjual pecel yang cukup laris. Ibu Sarkiya termasuk penjual pecel yang terkenal disini. Dalam seporsi pecel, isinya sudah lengkap dengan nasi dan sayur mayur. Ada bayam dan taoge rebus plus serundeng kelapa.

Ciri khasny, pecel disantap dengan aneka lalapan seperti daun kemangi, irisan ketimun, dan petai cina. Tak lupa disisinya diberi sambal tumpang. Sambel ini diolah dengan santap dan aneka bumbu rempah, plus daun jeruk.

Ada pula butiran rawit utuh dan irisan tahu didalamnya. Meski namanya sambal namun rasanya tak pedas. Rasa pedas justru berasal dari pecelnya. Terakhir Sarkiyah menyelipkan beberapa bua rempeyek kacang. Jika ingin disantap dengan lauk, perempuan yang sudah jualan pecel sejak tahun 1995 ini menyiapkan aneka lauk yang beragam. Ada sate sapi, ayam kampung goreng, pepes tongkol, ayam bumbu cabai, gepuk daging sapi perkedel jagung, telur dadar, sampai bandeng otak(bandeng yang diisi dengan daging ikan itu sendiri) tutur Sarkiyah yang selalu nampak sibuk.

Mulai puku 06.00, Sarkiyah bersama anak-anaknya sudah melayani pembeli hingga pukul 20.00

 

 

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!