Mau Tau Tips Irit Bensin Untuk Motor Matic Saat BBM Naik?

tips irit bansin motor matic

SemuaAdaDisini.com – Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi direspos beragam para pengendara. Ada yang legowo menerima tapi tak sedikit langsung langsung menggeruduk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terdekat setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi sebesar Rp 2.000.

Bagi Anda pengguna sepeda motor yang tengah mencari cara menghemat konsumsi bahan bakar, Liputan6.com menguraikan sejumlah cara efektif dalam menjaga pengeluaran Anda terjaga. Penasaran? Berikut resepnya seperti yang dikutip dari liputan6.com

1. Jangan terlalu lama panaskan mesin
Sebelum beraktivitas mengguankan sepeda motor, memanaskan kendaraan sudah menjadi barang wajib. Tetapi ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, termasuk sebisa mungkin menggunakan kick stater daripada mengguankan tombol starter.

Apabila terpaksa menggunakan tombol starter, pastikan turut menarik rem belakang. Kemudian hindari menarik tuas gas agar bensin tidak menguap percuma.

2. Tarik tuas gas dengan perlahan
Kebiasaan menggeber-geber tuas gas sebisa mungkin dihindari. Ketika dalam posisi berhenti, tariklah tuas gas dengan perlahan dan jangan langsung menyentaknya.

3. Jangan sering-sering rem mendadak
Beda dengan motor bebek maupun sport yang bisa memanfaatkan engine brake untuk mengurangi laju kendaraan, sepeda motor matik hanya menggunakan rem depan dan belakang.

Penting diperhatikan agar tidak terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak atau terlalu dalam. Oleh karena itu, perhatikan laju kendaraan Anda.

4. Pakai bensin dengan kualitas terbaik
Selain cara dan sikap berkendara di jalan, faktor pengguanan bahan bakar juga tak luput dari perhatian. Baiknya, gunakanlah bensin dengan oktan di atas 90 persen agar pembakaran di ruang mesin jauh lebih sempurna.

5. Jangan bawa barang berlebih
Tak dapat dipungkiri, makin beratnya beban motor akan membutuhkan bukaan gas yang lebih sehingga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, bawalah barang-barang sesuai kebutuhan.

Tak cuma bisa membuat konsumsi bensin jadi lebih banyak, membawa barang-barang di ambang batas juga bisa mengganggu kenyamanan selama berkendara.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!