Mega Proyek China : Kereta Api Lintas Benua (China – Rusia – Amerika) Super Cepat, 350 Km/jam!

SemuaAdaDisini.om – Negeri Tiongkok tampaknya tidak main-main dengan pembangunan sejumlah fasilitas publik super mewah dan sejumlah mega proyek lainnya.

Baru-baru ini, dilansir dari The Guardian, Kamis (8/5/2014), pemerintah pusat China sedang menimbang proposal pembangunan kereta api berkecepatan super tinggi, 350 km/jam.

Kereta api levitation-magnetic lintas benua itu akan menghubungkan daratan China dengan Amerika. Jalur akan direncanakan dimulai dari timur-utara China melalui Siberia, melewati terowongan bawah laut Samudra Pasifik, kemudian diteruskan melewati Alaska dan Kanada, hal ini diberitakan surat kabar Beijing Times.

Menyeberangi Selat Bering diantara Rusia dan Alaska membutuhkan sekitar 200 km (125 mil) dari terowongan bawah tanah, kata surat kabar tersebut.

Menurut Wang Mengshu, ahli perkereta-apian dari Chinese Academy of Engineering “Saat ini kami telah berdiskusi, Rusia telah membicarakan ini selama bertahun-tahun.”

Mega proyek yang dijuluki China-Rusia ditambah jalur Amerika akan berjarak 13.000 kilometer, atau 3.000 kilometer lebih jauh dari Trans-Siberian Railway. Seluruh perjalanan tersebut nantinya akan ditempuh selama 2 hari, dengan rata-rata kecepatan 350 kilometer/jam (220mph).

 

kereta_china

 

Menurut pemerintah, yang dilansir China Daily “Teknologi terowongan sudah ditempat dan akan segera digunakan untuk membangun kererta apisuper cepat antara provinsi selatan-timur dari Fujian dan taiwan. Proyek ini akan didanai dan dibangun China.”

Jika proyek ini terwujud, maka kereta tersebut akan memegang rekor kereta api lintas benua tercepat di dunia.(nay)

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!