Mengerikan, Inilah yang Akan Terjadi Pada Bumi Jika Manusia Punah?

jika manusia punah

SemuaAdaDisini.com – Menurut ilmuwan, bumi kita ini sudah berumur 4,5 miliar tahun, sedangkan manusia baru pertama kali menghuni bumi sekitar 200.000 tahun lalu. Seiring perkembangan zaman, bumi telah mengalami banyak perubahan sejak diisi oleh manusia. Yang jadi pertanyaan, apa yang akan terjadi pada bumi jika seandainya manusia sudah punah?

Tentunya bumi akan mengalami banyak perubahaan meski baru beberapa jam setelah ditinggalkan manusia. Lalu apa yang akan terjdi selanjutnya pada bumi setelah sehari, seminggu, sebulan, setahun, seratus tahun, bahkan hingga ribuan tahun setelah manusia punah?

BBC Earth menjelaskan apa yang akan terjadi pada bumi setelah manusia punah dalam bentuk video. Untuk lebih rincinya lagi, simak ulasannya berikut ini yang telah diuraikan oleh situs Wittyfeed dari terselubung.in dalam bentuk artikel.

 

Beberapa Jam

  1. Pembangkit listrik yang dikelola manusia tidak akan berfungsi lagi sehingga membuat bumi benar-benar gelap gulita ketika malam hari.

 

Beberapa Hari

  1. Banyak hewan peliharaan di rumah, atau kebun binatang yang akan mati karena kelaparan.
  2. Stasiun bawah tanah akan kebanjiran karena sistem anti banjir yang biasa di di stasiun bawah tanah tidak akan berfungsi lagi.

 

Beberapa Minggu

  1. Hewan-hewan akan saling memakan satu sama lain, terutama bagi hewan yang tinggal di kebun binatang karena mereka sangat kelaparan. Hewan yang lebih kecil akan jadi mangsanya.

 

Beberapa Bulan

  1. Air yang menjaga pembangkit listrik tenaga nuklir akan menguap dan menyebabkan ledakan nuklir yang dahsyat. Jutaan hewan akan mati karena radiasi dari ledakan nuklir.
  2. Sistem drainese yang tergandung pada tenaga pembangkit listrik akan berhenti berfungsi dan sungai-sungai atau danau akan dipenuhi oleh limbah. Akibatnya, banyak ikan yang akan mati.
  3. Gas alam yang dihasilkan dari pabrik-pabrik kimia akan terlepas ke atmosfer dan menyebabkan kebakaran hutan yang luas dan berlangsung selama beberapa hari.
Baca Juga:  10 Teori Mengenai Bumi yang Pernah Dipercaya Manusia

 

Beberapa Tahun

  1. Bumi akan mulai membangun kembali meski tanpa ada campur tangan manusia. Tapi apa yang dibangun bumi bukan seperti tenaga nuklir atau pabrik kimia, melainkan sesuatu yang alami.
  2. Plastik dan perangkat elektronik mungkin akan ditemukan berdesakan di saluran air.

 

Setelah 25 Tahun

  1. Kota-kota seperti Vegas dan Dubai akan menjadi ke lingkungan semulanya, di mana kota-kota tersebut akan ditutupi padang pasir.
  2. Tumbuhan di bumi akan mengalami banyak perubahaan karena tidak ada campur tangan manusia.
  3. Tumbuhan akan mengambil alih kota sehingga kota dipenuhi oleh semak-semak belukar dan akar pohon.
  4. Karena vegetasi berkembang, hewan herbivora akan meningkat jumlah. Dengan meningkatnya jumlah hewan herbivora, hewan karnivora pun akan ikut meningkat pula.
  5. Bangunan-bangunan kota akan runtuh, dan akan dihuni oleh satwa liar.

 

300 Tahun Kemudian

  1. Hewan-hewan akan jadi penguasa dunia dan hewan langka akan bermunculan kembali.
  2. Bangunan besar seperti Menara Eiffel, jembatan, dan bangunan besar lainnya akan runtuh karena korosi.
  3. Hewan laut juga akan semakin berkembang dan terus bertambah banyak karena tidak ada manusia.

 

100.000 Tahun Kemudian

  1. Semua kota benar-benar akan lenyap seolah ditelan bumi. Kecuali bangunan-bangunan batu yang sangat besar, seperti Tembok Besar di China, atau Piramida di Mesir yang dapat bertahan selama puluhan ribu tahun.

 

50 Juta Tahun Kemudian

  1. Satu-satunya yang dapat bertahan di bumi ini setelah 50 juta tahun adalah plastik.
Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!