Meningkatkan Daya Belajar Otak Dengan Tidur Siang

tidur siang

SemuaAdaDisini.com – Taukah Anda bagaimana cara meningkatkan daya belajar otak? Jawabannya adalah dengan tidur siang. Beberapa kajian ilmu tidur dalam beberapa tahun terakhir gagal menunjukkan bukti meyakinkan dalam menilai efek “ tidur siang”. Tapi dengan penelitian terbaru ini terbukti otak mungkin perlu tidur untuk memproses kenangan jangka pendek, menciptakan ruang untuk fakta-fakta baruyang harus dipelajari.

Dari sebuah penelitian yang dipimpin Dr Mattew Walker di konferensi AAAS di San diego, AS,  terungkap bahwa tidur siang mampu meningkatkan kemampuan otak untuk menyerap informasi baru. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan du Universitas California di Berkeley, Amerika Serikat. Para ilmuwan melibatkan 39 orang dewasa sehat yang diharuskan tidur 90 menit pada siang hari.

Dalam percobaanya sebelum tidur siang , 39 sukarela diberi tugas menulis di pagi hari. Hasilnya menunjukkan, orang yang melakukan tidur siang memiliki tes kognitif yang lebih baik, dari mereka yang tetap terjaga.

Ketika di ulang Orang yang tidur siang masih mengunguli orang yang tidak tidur siang. Melalui Pemeriksaaan pada aktifitas listrik otak, ditemukan bahwa proses ini mungkin terjadi pada fase tidur, antara tidur lelap dan tidur bermimpi, yang disebut tahap 2 non rapid eye movementsleep. Dalam fase tersebut, memori berbasis kenyataan berpindah dari penyimpanan memori sementara yang berada di hippocampus otak, kedaerah lain yang disebut pra frontal korteks.

Menurut Dr Mattew “ informasi yang diterima otak ini seperti email. Saat hippocampus penuh dengan email, tidur akan memindahkannya dan tidak akan merima email lain. Email tersebut akan dialihkan atau dipindahkan ke folder lain, agar bisa di ingat kembali melalui system memori.

Namun Demikian jangan sampai menjadikan semua penelitian tersebut untuk tidur terus menerus di siang hari, itu namanya bukan meningkatkan daya belajar otak tetapi memang pemalas .

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!