Minuman Paling Terasa Enak di Pesawat Adalah…

 

SemuaAdaDisini.com – Tahukah Anda, minuman di pesawat rasanya tidak seenak di darat, karena efek penerbangan mengganggu indera perasa manusia. Tapi dari air mineral, kopi, jus hingga softdrink, ada minuman yang tetap terasa enak. Penasaran?

Dalam beberapa penelitian sebelumnya, diketahui kalau suara keras seperti mesin pesawat, mempengaruhi rasa makanan dan minuman. Suara mesin pesawat yang gaduh bisa mengurangi kemampuan seseorang untuk merasakan rasa hingga 30%.

Dari CNN, Selasa (29/4/2014) ada dua minuman tetap terasa enak di pesawat yaitu jus tomat dan bloody mary. Jus tomat dan bloody Mary dianggap sebagai salah satu minuman yang rasanya tidak berubah saat berada di udara.

Penilaian ini diberikan oleh tim peneliti yang menulis jurnal berjudul “Airplane noise and the taste of umami.” Menurutnya, jus tomat memiliki umami, alias rasa gurih, yang tetap sama ketika dicicipi di darat dan di udara.

 

Umami disebut sebagai rasa kelima setelah asin, pahit, manis dan asam. Rasa itu juga telah disamakan dengan gurih. Umami pun tidak terpengaruh dengan efek pesawat terbang yang mengganggu indera perasa.

“Umami tidak berpengaruh pada efek ini,” tulis Charles Spence, Charles Michel dan Barry Smith dalam jurnalnya.

Meski begitu, para peneliti ini mengatakan masih diperlukan pembuktian lagi untuk mengkonfirmasi hipotesis mereka.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!