Ngeri, Ada Belatung Hidup di Mata Bocah 5 Tahun Ini

belatung

SemuaAdaDisini.com – Mata merah atau mata bengkak, memang merupakan penyakit yang biasa dialami oleh banyak orang. Penyebabnya ada bermacam-macam hal, seperti terkena debu, penyakit, dan masih banyak lagi. Namun, banyak orang yang menganggap bahwa hal tersebut tidak bahaya untuk kesehatan matanya.

Tapi, jangan salah, mata merah atau bengkak bisa menjadi bahaya jika penyebabnya seekor belatung. Ya, belatung yang merupakan hewan yang menjijikan itu bisa berada didalam mata manusia lho. Seperti yang dialami oleh seorang bocah yang berusia 5 tahun dari Honduras ini.

Bocah yang tak ingin disebutkan namanya tersebut, diketahui mengalami mata merah dan bengkak. Awalnya ia merasa itu masalah biasa, namun setelah diperiksa ternyata mata bocah tersebut mengeluarkan seekor belatung yang berukuran sekitar 18-24 mm.

Belatung itu diektahui merupakan larva botfly yang merupakan spesies parasit pada manusia. Larva botfly ini menggunakan 40 lebih spesies nyamuk dan serangga untuk menginfeksi manusia.

Seperti dilansir Liputan6.com, larva ini bertelur di tubuh serangga, yang kemudian memindahkan telurnya ke hewan atau ke manusia secara kontak langsung.

Larva botfly ini bisa menginfeksi manusia lewat gigitan nyamuk, yang membawa telur larva tersebut ke kulit manusia. Kemudian telur larva itu berkembang dibawah kulit manusia. Kemudian setelah 8 hari telur tersebut semakin berkembang dan jika sudah besar telur tersebut akan jatuh ke tanah, dan menjadi kepompong untuk beberapa waktu.

Setelah itu larva botfly ini akan bisa berkembang biak di mana saja angin yang membawanya. Larva botfly ini di Amerika memang dianggap sebagai makhluk jahat, karena merupakan parasit di mana saja ia tinggal.

Kasus yang terjadi pada bocah tersebut, merupakan kasus yang langka dan jarang sekali terjadi. Namun, untunglah tim medis dapat segera mengeluarkan larva yang berkembang di mata bocah tersebut.sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!