Penderita Lemah Jantung Waspadai Mainan Magnet di Kulkas

SemuaAdaDisini.com – Mainan magnet yang ditempelkan di pintu lemari es memang terlihat sngat lucu. Namun tim peneliti dari Swiss mewanti-wanti bila produk yang terbuat dari kulkas tersebut ternyata bisa mematikan.

Hal ini karena magnet berbahaya dan dapat menganggu kinerja alat pacu jantung. Apalagi bila si pemilik mempunyai kelainan jantung lemah dan berdiri dekat dengan magnet atau sekitar 3 cm dari lemari es.

Namun tidak semua magnet berbahaya. Menurut peneliti dari University Hospital of Zurich, Swiss, bila magnetnya terbuat dari besi atau berwarna abu-abu kusam, itu tandanya daya magnet rendah dan tidak perlu dikhawatirkan efeknya. Tetapi jika warna magnet keperakan dan agak berkilau, itu tandanya daya magnet sangat kuat dan dapat berdampak bagi si pemilik.

Masalahnya, magnet seperti ini dapat diproduksi dengan biaya yang rendah. Hal tersebut dimanfaatkan oleh produsen. Diantaranya adalah industri pembuatan hard drive komputer, headphone, speaker, mainan, perhiasan bahkan hingga ke produk pakaian.

Peneliti pun telah memastikan temuan mereka dengan mengetes efek magnet neodymium terhadap pasien Jantung, dimana 41 pasien diantaranya memakai alat pacu jantung sedangkan 29 pasien lainnya menggunakan implantable cardioverter defibrillators (ICD). Implantable cardioverter defibrilators (ICD) adalah perangkat elektronik berupa generator listrik kecil yang dilakukan untuk pasien yang beresiko agar tidak terkena serangan jantung mendadak.

Dan halnya mengejutkan. Meskipun peneliti hanya menggunkan magnet neodymium seberat 8 gram, segala jenis alat pacu jantung dan ICD yang dipakai pasien terbukti mengalami gangguan. Terutama bila jarak pasien dengan magnet kurang dari 3 cm.

“Kalau magnetnya lebih besar, tentu gangguan yang ditimbulkannya juga lebih besar meskipun jaraknya lebih dari 3 cm,” tandas peneliti. Seperti yang dilansir detik.com.

Bahkan ketika alat pacu jantung dijauhkan dengan pasien, peneliti tetap memperingatkan kerusakan alat masih bisa terjadi jika pasien terus dipapari magnet. Misalnya jika pasien tetap menggunakan name tag atau perhiasaan yang terbuat dari magnet.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!