Ramalan Populasi Penduduk Bumi pada 2.100 yang Telah Terbit Sebelumnya Ternyata Meleset.

ledakan penduduk

SemuaAdaDisini.com – Pertambahan populasi manusia di dunia ternyata tumbuh di luar dugaan. Sebuah tim khusus yang dipimpin organisasi PBB meramalkan planet bumi akan dihuni tak kurang dari 11 miliar orang pada akhir abad ini.

Angka itu berarti dua miliar lebih banyak dari yang diperkirakan penduduk bumi pada tahun 2.100 dikutip dari ceriwis.com. Menggelembungnya angka tersebut sebagian besar karena tingkat kelahiran di Afrika yang lebih tinggi.

“Konsensus selama 20 tahun terakhir ini menunjukkan populasi dunia, yang saat ini sekitar tujuh miliar, akan naik menjadi sembilan miliar dan mungkin turun,” kata Adrian Raftery, profesor statistik dan sosiologi di University of Washington dalam jurnal Science Amerika Serikat seperti dikutip laman Gulfnews, Minggu, 21 September 2014.
“Kami menemukan ada kemungkinan 70 persen penduduk dunia tidak akan stabil pada abad ini,” tambahnya.

Penelitian ini menggunakan data populasi PBB terbaru yang dirilis pada Juli 2014. Penelitian ini menggunakan statistik Bayesian untuk menggabungkan semua informasi yang tersedia agar menghasilkan prediksi lebih baik.

Perkiraan sebelumnya biasanya mengandalkan pendapat ahli tentang bagaimana tingkat harapan hidup dan kesuburan akan berubah dari waktu ke waktu. “Proyeksi awal sangat didasarkan pada skenario, sehingga tidak ada ketidakpastian,” kata ahli demografi PBB, Patrick Gerland.
Laporan PBB tersebut menemukan, sebagian besar pertumbuhan telah diantisipasi di Afrika, di mana jumlah penduduk diperkirakan akan meningkat dari satu miliar hari ini menjadi empat miliar pada akhir abad ini.

“Ada peluang 80 persen bahwa populasi di Afrika pada akhir abad ini akan menjadi antara 3,5 miliar dan 5,1 miliar orang,” kata studi tersebut.

Sementara booming tambahan populasi bakal terjadi di Afrika, beberapa negara di dunia justru akan mencapai puncaknya atau malah menyusut.

Asia, yang sekarang memiliki penduduk sebanyak 4,4 miliar, diproyeksikan mencapai puncaknya pada tahun 2050 menjadi sekitar 5 miliar orang dan kemudian mulai menurun.
Amerika Utara, Eropa, dan Amerika Latin dan Karibia akan tetap berada di bawah satu miliar. Semakin banyak penduduk di Bumi kemungkinan akan memperburuk masalah seperti perubahan iklim, penyakit menular dan kemiskinan.

“Penduduk, meski sudah tidak menjadi agenda utama dunia, tetap menjadi isu yang sangat penting,” kata Raftery.

Dua metode yang telah terbukti menyebabkan penurunan populasi adalah kelahiran yang terkontrol dan pendidikan terhadap anak perempuan dan perempuan.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!