Ritual Mengerikan Potong Jari Saat Keluarga Meninggal Pada Suku Dani

ritual-potong-jari-673x357

 

SemuaAdaDisini.com – Ketika sedang berduka, banyak cara menunjukkan kesedihan dan rasa duka cita ditinggalkan anggota keluarga yang meninggal dunia. Butuh waktu lama untuk mengembalikan kembali perasaan sakit akibat kehilangan.

 

Biasanya kita akan terlarut dalam kesedihan hanya dengan menangis terisak – isak karena menaham pilu. Namun tidak untuk para Suku Dani ini. Suku Dani merupakan salah satu suku bangsa Indonesia yang terletak di pegunungan Tengah, kabupaten Jayawijaya tepat di daerah Papua .

 

Khusus di suku Dani ini,mereka memiliki tradisi yang mngerikan dimana ketika salah satu keluarganya meninggal . Maka kerabat suami, istri, ayah, ibu, anak dan adik, Suku Dani diwajibkan memotong jari mereka.

Tradisi potong jari saat keluarga meninggal ini menjadi salah satu lambang bagi mereka bahwa telah kehilangan salah satu anggota keluarga . Hal ini dikarenakan sebuah jari bisa diartikan sebagai simbol kerukunan, kesatuan dan kekuatan dalam diri manusia maupun sebuah keluarga yang berawal dari ibu jari.

Selain itu, pemotongan jari pada suku Dani ini juga dapat diartikan sebagai upaya untuk mencegah ‘terulang kembali’ malapetaka yangg telah merenggut nyawa seseorang di dalam keluarga yang berduka.

Pemotonga jari ini juga dilakukan dengan menggunakan alattajam seperti pisau , kapak , parang atau benang . Namun, selama beberapa dekade ni, tradisi ini sudah tidak di lestarikan kembali. Karena masyrakat suku Dani telah mengenal agama yang membuat tradisi potong jari perlu ditinggalkan.

Selain mengerikan , pastinya pemotongan jari ini lebih berbahaya dan dapat menyebabkan infeksi luka yang cukup parah.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!