Satu-satunya Rumah Joglo di Eropa, Ada di Slovenia!

 

SemuaAdaDisini.com – Arboretum , Sebuah Rumah Joglo, berdiri megah di Kebun Raya Arboretum, Slovenia. Di rumah inilah, calon wisatawan dari Slovenia dan Eropa bisa lebih mengenali kebudayaan dan segala hal tentang Indonesia, sebelum datang ke Nusantara.

Peresmian rumah ini dilakukan oleh Dubes RI untuk Austria dan Slovenia Rachmat Budiman bersama Menteri Kebudayaan Slovenia Uros Grilc, Rabu (23 April 2014) waktu setempat.

“Didirikannya rumah joglo di Kebun Raya Arboretum, Slovenia, ini merupakan bukti bahwa persahabatan dan kerjasama antara Indonesia dan Slovenia berjalan baik,” ujar Dubes.

Menurut Dubes, kehadiran rumah joglo ini diharapkan tidak saja menjadi simbol hubungan baik kedua negara, tetapi juga sebagai tempat di mana masyarakat kedua bangsa dapat melakukan pertukaran informasi dan pandangan serta diskusi mengenai berbagai aspek kerjasama antar kedua negara, khususnya bidang kebudayaan.

“Diyakini bahwa saling pengertian dan menghormati kebudayaan masing-masing akan mempermudah upaya membangun hubungan kerjasama di berbagai bidang, yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi untuk memperkuat hubungan dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat kedua negara,” imbuh Dubes.

Sebelumnya Dubes menjelaskan bahwa pendirian rumah joglo ini melalui proses panjang sejak awal mula gagasan pembangunan rumah tradisional Indonesia di Slovenia mulai dibahas pada 2006.

“Berbagai upaya untuk mewujudkannya terus dilakukan secara berkelanjutan, baik oleh pihak pemerintah maupun masyarakat kedua negara, hingga pada akhirnya ide dimaksud dapat menjadi kenyataan pada tahun ini,” demikian DubesNext

sumber

Komentar Yuk Disini

comments

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!