Tahukah Kamu, Jika Setidaknya Ada 10 Juta Bakteri di Sikat Gigi

mnidsdh

 

SemuaAdaDisini.com – Gigi juga merupakan bagian terpenting yang dimiliki oleh makhluk hidup. Dengan gigi semua makhluk hidup dapat mengunyah dan menghancurkannya agar dapat dengan mudah masuh ke pencernaan. Oleh karena itu, gigi harus dirawat sebaik-baiknya agar sellau sehat dan kuat.

Untuk merawat gigi biasanya orang-orang menggunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk membersihkannya dari segala kotoran saat makan yang menyangkut ke gigi. Dengan menggunakan sikat gigi, kita dapat membersihkan gigi kita dari bakteri, kuman dan kotoran yang dapat merusak gigi.

Namun, ternyata siapa sangak bahwa sikat gigi sendiri banyak mengandung kuman yang dapat membahayakan kesehatan mulut, dan gigi kita. Menurut hasil penelitian membuktikan bahwa setidaknya sikat gigi memiliki 10 juta bakteri yang berada di sana.

Menurut dokter gigi Ann Wei sikat gigi sama kotornya dengan lantai kamar mandi sehingga dapat kita artikan bahwa sikat gigi banyak mengandung bakteri sama seperti lantai kamar mandi yang penuh bakteri.

Seperti dilansir Suara.com, sikat gigi dapat terkontaminasi dengan kuman yang dibawa oleh percikan air kamar mandi yang mengandung kuman. Selain itu juga bisa dikarenakan sikat gigi yang terjatu ke lantai kamar mandi, atau yang lebih buruknya bakteri yang berasal dari toilet.

Namun, selain itu udara di sekitar kamar mandi juga bisa membawa kuman yang akhirnya berpindah ke sikat gigi kamu, dan menyebabkan sikat gigi kamu akan dipenuhi dengan bakteri penyebab penyakit.

Oleh karena itu, dokter gigi menyarankan kepada semua orang untuk mengganti sikat gigi secara teratur, terlebih jika  bulu sikat gigi tersebut sudah mengembang. Dokter gigi menyarankan untuk mengganti sikat gigi maximal 3 bulan sekali.

Setelah dipakai selama 3 bulan, sebaiknya kamu harus segera mengganti sikat gigi kamu dengan yang baru. Karena selama 3 bulan pasti sudah banyak sekali kuman yang menempel di sikat gigi kamu.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!