Tahukah Kamu Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan?

manfaat jengkol

SemuaAdaDisini.com – Selama ini masih banyak yang yang tidak mengetahui khasiat jengkol untuk kesehatan. Sebagian besar dari kita hanya mengetahui bahwa jengkol merupakan makanan yang bisa mengeluarkan bau tidak sedap apabila kita memakannya. Namun dibalik bau tidak sedap itu jengkol memiliki vitamin yang baik dan dapat membantu untuk mencegah ataupun mengobati bebrapa penyakit.

Kandungan yang terdapat pada jengkol yaitu karbohidrat , vitamin A, vitamin B, protein, kalsium, fosfor, steroid, tanin, Saponin dan Glikosida. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jengkol dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita, dan membantu kerja enzim pada tubuh kita dan membantu respirasi selular. Kalsium yang terkandung dalam jengkol juga membantu pertumbuhan tulang dari tulang dalam tubuh untuk tumbuh dan menjadi kuat.

Karena banyak nya vitamin dan gizi yang terkandung di dalam jengkol, maka makanan ini dapat membantu mencegah dan mengobati beberapa macam penyakit seperti diabetes, pertumbuhan tulang, serta anemia atau kurang darah.

Mengkonsumsi jengkol dalam jumlah banyak juga tidak dianjurkan dikarenakan asam jengkolat yang ada pada jengkol ini memiliki yang tidak mudah larut serta berbentuk Kristal sehingga menimbulkan efek negative jika mengonsumsinya secara berlebihan. Dalam banyak kasus, asam jengkolat menyebabkan susah buang air kecil jika jengkol dikonsumsi secara berlebihan karena ginjal tidak mampu menyaring jumlah asam yang masuk karena telah melewati batas yang seharusnya.

Artikel ini ditulis oleh Meidiana Widyantari

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!