Telur Perjaka, Makanan Khas China yang Direbus Dengan Air Kencing

telur-perjaka-kuliner-dari-china-yang-dibuat-dengan-air-seni

SemuaAdaDisini.com – Negara China memang merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kejadian aneh serta beberapa keunikan. Salah satunya dari keunikan makanan khasnya seperti telur perjaka yang direbus dengan air kencing .

Tradisi Telur perjaka atau yang dalam bahasa Mandarin disebut tong zi dan merupakan warisan kuliner dari daerah Dongyang ini sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Telur perjaka ini merupakan makanan khas saat musim semi.

Bisa dinamakan “Telur Perjaka” ini lantara proses pembuatannya yang terbilang unik serta terlihat menjijika. Walaupun proses pembuatannya seperti telur rebus biasa. Namun air rebusan yang digunakan ini menggunakan air seni anak lelaki yang umurnya tidak lebih dari 10 tahun.

Bahkan, tidak sembarangan air seni saja, anak laki – laki berusia 10 tahun ini dipercaya masih perjaka dan air seni yang bisa digunakan dari anak tersebut pun harus berkondisi sehat tidak sedang terjangkit flu dan penyakit lain.

 

telur-perjaka-001-tantri-setyorini

 

Untuk mendapatkan air seni dari anak – anak perjaka ini mereka meletakkan ember dan baskom di depan pintu sekolah-sekolah dasar agar murid-murid pria bisa membuang air kecil di sana.

Untuk mengolah terlur perjaka ini,  pertama – pertama mereka merebus beberapa telur dengan meretakan sedikit cangkang telur tersebut. Hal ini dilakukan agar air seni tersebut bisa meresap ke dalam telur rebus tersebut. Agar air seni benar – benar meresap, cara pemasakan telur – telur ini pun bisa memakan waktu seharian penuh.

 

iuuh

 

Sebagian warga Dongyang pun mempercayai bahwa makanan telur perjaka ini merupakan makanan sehat dan ada sebagian orang pun menyukainya.Namun juga ada sebagian warga yang tidak menyukainya karena merasa jijik mulai dari bau air kencing yang mneyengat serta cara masak yang tidaka higeinis.

Bagi pencinta telur perjaka ini mempercayai bahwa makanan telur perjaka ini dipercaya ampuh untuk mencegah stroke ,  mampu meredakan demam, menambah energi, dan membersihkan darah. Menurut warga setempat seperti dikutip Oddity Central, telur ini memiliki rasa yang sangat lezat, ‘khas musim semi’. Rasanya segar, agak asam, dan cenderung asin. Jika disimpan dalam suhu yang tepat rasanya akan semakin lezat.

“Jika memakannya, Anda tidak akan terserang stroke,” tutur Ge Yaohua, penduduk Dongyang yang menjajakan telur perjaka di pinggir jalan kepada Reuters. “Telur-telur yang dimasak dalam air seni ini baunya harum. Bagus untuk kesehatan. Keluargaku memakannya setiap hari.” seperti yang dilansir dari merdeka.com.

Telur perjaka ini dijual dengan harga sekitar 1,50 yuan per butir, lebih dari dua kali lipat harga telur biasa dan dijajakan di pasaran pinggir jalan. Karena menrupakan makanan khas, telur perjaka ini pun setiap tahun diadakan tradisi memasak telur perjaka ini.

sumber

Komentar Yuk Disini

comments

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!