Tempe Dapat Mencegah Anemia Dan Sumber Protein

tempe

SemuaAdaDisini.com – Tempe dapat mencegah anemia karena mengandung Vitamin B 12 ( kandungan vitamin B 12 didalam tempe sekitar 1.5 – 6.3 per 100 9 tempe kering ). Di dalam tubuh vitamin B 12 dapat membantu pembentukan sel darah merah, karenanya mengkonsumsi tempe dapat mencegah anemia.

Kandungan kapang didalam tempe  dapat menguraikan asam fitase menghasilkan enzyme fitase yang dapat menguraikan asam fitat menjadi inositol. Terurainya asam fitat , mineral seperti magnesium, seng, zat besi dan kalsium lebih tersedia dan dimanfaatkan tubuh. Mineral seperti zat besi ini merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

Tempe kaya akan Antioksidan
Di dalam Tempe juga mengandung zat antioksidan dalam bentuk isoflavon yang dapat mencegah dan menghentikan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Carolina di Amerika Serikat menunjukkan bahwa phytoestrogen dan genestein yang terdapat di dalam tempe dapat mencegah kanker payudara dan kanker prostat. Radikal bebas adalah zat yang memiliki kelebihan satu atom electron yang tidak berpasangan. Atom ini sangat reaktif dan dapat menyebabkan kanker. Radikal bebas masuk kedalam rubuh melalui beragam cara, seperti dari makanan hingga polusi udara. Dengan adanya antioksidan didalam tubuh maka radikal bebas dapat dicegah.

Selain antioksidan tempe juga kaya akan serat. Kandungan serat tempe sekitar 8-10 persen per 100 g. Tingginya serat yang terkandung didalam tempe dapat memperlancar proses pencernaan. Tempe juga dapat mencegah kanker kolon dan saluran cerna.

Kaya Akan Gizi
Dilihat dari kandungan gizi tempe sangat potensial sebagai sumber protein nabati. Mengingat sumber protein nabati lebih mahal, penyajian tempe sebagai hidangan menu keluarga bisa menjadi pilihan.
Tempe juga mengandung karbohidrat, beragam mineral dan vitamin. Dari golongan vitamin, tempe kaya akan vitamin B1, B2, B6, B12, A, D,E dan K. Khusus Vitamin B12 didalam Tempe meningkat sebanyak 33 kali aktifitasnya selama proses fermentasi. Dari Golongan mineral, tempe juga kaya akan zat besi, fosfor dan kalium.

Sumber : Majalah Dokter Kita Edisi 06 – Juni 2008

Komentar Yuk Disini

comments

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!