Ternyata Bensin Bisa Dibuat Dari Udara

176318_mengubah-udara-menjadi-bensin_663_382

SemuaAdaDisini.com – Bensin merupakan salah satu bahan bakar yang umumnya terbuat dari minyak mentah yang terdiri dari hidrogen dan karbon yang terikat antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk rantai. Namun, tak hanya terbuat dari minyak mentah saja, bensin ternyata juga bisa dibuat dari udara. Umumnya, dalam kondisi oksigen berlimpah, maka akan dihasilkan CO2, H2O, dan energi panas. Setiap kg bensin mengandung 42.4 MJ.

Pembuatan bensin dari udara ini merupakan salah satu gabungan dari negara Jepang dan Inggris yang telah mengembangkan teknologi baru  untuk mengubah udara menjadi gasoline atau bensin.

Teknologi baru ini berhasil ditemukan oleh Tomomi Mizuno, dari Oshima National College of Maritime Technology yang berusaha melakukan perbaikan sistem pembangkit listrik pasang surut yang terkait dengan keseimbangan energi.

Negara Jepang memiliki 6.852 pulau yang menduduki peringkat ke-5 sebagai negara dengan garis pantai terpanjang. Dalam memajukan teknologi baru ini, mereka memadukan pola pembangkit listrik yang sustainable, berlimpah, dan murah dengan sebuah teknologi bernama Air-Fuel Synthesis (AFS) dimana para AFS dapat memanfaatkan ekstraksi udara untuk bahan pembuatan bensin.

Sistem AFS ini memiliki kinerja untuk menangkap karbondioksisa dan air dari udara. Air itu kemudian di-elektrolisasi untuk membuat hidrogen yang bereaksi dengan karbondioksida. Dari sinilah tercipta sebuah bensin yang disebut dengan bensin hidrokarbon karena terdiri dari molekul hidrogen , oksigen dan karbon.

Bensin hidrokarbon inilah Bahan bakar karbon netral (biasa ada dalam alkohol, bensin, diesel atau bahan bakar jet) ini sangat bisa digunakan pada teknologi mesin pembakaran internal yang didalmnya didukung dengan sistem AFS yang didorong oleh  listrik terbarukan dan karbondioksida.

Peneliti Tomomi memperkirakan bahwa teknologi ini dapat mendukung pasukan Angkatan Laut Amerika dan juga perusahaan energi lainnya yang mengandalkan air untuk masa depan yang lebih baik. Dimana pasokan air di Jepang juga sangat berlimpah.

Sebelumnya, sistem AFS ini juga pernah ditemukan oleh perusahaan energi di Stockton-on-Tees, Teeside, London pada tahun 2002 yang berhasil menghasilkan 5 liter bensin menggunakan kilang kecil yang menghasilkan bensin sintesis dari karbondioksida dan uap air.

Bensin ini diperoleh dari hasil pencampuran udara dengan natrium hidroksida (NaOH), lalu mengelektrolisasi natrium karbonat (Na2CO3) yang dihasilkan untuk melepas karbon dioksida murni. Kemudian hasilnya direaksikan dengan hidrogen yang dielektrolisis dari air, untuk membuat campuran hidrokarbon dan menghasilkan sebuah bahan bakar bensin.

Nah, itulah dia sekilas ulasan yang ternyata bensin juga bisa dibuat dari udara.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!