Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang Lelet

android lemot

SemuaAdaDisini.com – Saat membeli smartphone Android idaman, pastinya Anda mengharapkan kinerja handset tersebut dapat berjalan dengan cepat dan lancar. Terlebih smartphone yang Anda beli harganya lumayan mahal.

Namun sayangnya, ada sejumlah faktor kecil yang bisa membuat kinerja smartphone Android Anda lemot dan bahkan Anda mungkin tidak menyadari hal itu.

Jika performa smartphone Android Anda terasa lemot, perbaikilah dengan beberapa cara sederhana berikut ini seperti dikutip dari liputan6.com.

Restart dan Update Sistem

Mengutip laman Business Insider, Senin (16/2/2015), sesekali smartphone Anda perlu di-restart seperti komputer. Sebelum Anda mengambil langkah-langkah lain, coba matikan atau restart smartphone Anda.

Jika smartphone Anda lemot, mungkin Anda belum menginstal versi Android terbaru. Untuk meng-update sistem, pilih Settings> About device untuk melihat apakah ada update yang tersedia.

Singkarkan File yang Tak Dibutuhkan

Jika kinerja smartphone Anda masih lambat, coba singkirkan file yang tidak perlu. Hapus foto-foto dan file musik lama. Ini adalah salah satu cara termudah untuk membuat smartphone Anda berjalan lancar lagi.

Aplikasi yang tak dibutuhkan lagi bahkan dapat membuat sumber daya smartphone berkurang, di mana proses sistem kerap berjalan di background. Hal itu dapat memperlambat kinerja handset Anda.

Bersihkan Chache Data

Smartphone Anda terkadang akan menyimpan gambar atau sejumlah data yang terkait dengan aplikasi tertentu sehingga tidak perlu men-download setiap kali Anda membuka sebuah aplikasi.

Mungkin ada gambar yang disimpan pada smartphone Anda dari sebuah aplikasi. Hapus ini dengan masuk ke Settings> Storage> Cached data.

Nonaktifkan Efek Animasi

Nonaktifkan efek animasi di smartphone Android untuk membuatnya merasa lebih cepat (melalui Android Authority). Caranya buka menu Settings > About phone, dan scroll ke bawah untuk menuju kategori yang disebut Build Number. Tekan Build Number tujuh kali.

Setelah melakukannya, Anda akan mendapatkan akses ke menu Developer options dalam pengaturan sistem smartphone. Dalam menu ini Anda akan menemukan kategori seperti Transition animation scale dan Animator duration scale. Tekan keduanya untuk dinonaktifkan.

Gunakan Aplikasi Ini

Seringkali bug dapat ditelusuri kembali ke salah satu aplikasi. Masalahnya adalah sulit untuk menemukan aplikasi yang menyebabkan masalah atau bug. Jika Anda menduga hal ini terjadi pada perangkat Anda, coba gunakan aplikasi Watchdog Task Manager.

Aplikasi tersebut dapat memonitor berapa banyak daya komputer dan sumber daya sebuah aplikasi digunakan dan memungkinkan Anda untuk mengetahui mana aplikasi mungkin memperlambat kinerja smartphone.

Komentar Yuk Disini

comments

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!