Tips Tetap Bugar Meski Begadang Nonton Piala Dunia 2014

 

SemuaAdaDisini.com – Demam sepak bola sudah dimulai, Euforia pesta akbar piala dunia 2014 merupakan momen yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penggemar sepak bola pun mulai rajin begadang menyaksikan tim kesayangannya berlaga. Namun, perlu diingat juga bahwa tubuh kita memerlukan keseimbangan agar tetap fit dan sehat.

Untuk tetap membuat kesehatan dan stamina Anda prima walau kerap begadang saat momen Piala Dunia kali ini, maka berikut ini cara yang dirilis oleh Departemen Kesehatan Hongkong seperti dilansir oleh Viva:

1. Hindari Camilan Kaya Kalori

Supaya tidak merasa mengantuk saat bergadang, hindari makanan berat yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Pilih buah-buahan, sayur atau salad sebagai cemilan sehat.

Tidak hanya mencegah rasa kantuk, makanan tersebut menjamin kebutuhan energi sehingga tidak kelelahan saat tidak tidur semalaman. Sambal atau saus pedas boleh ditambahkan, sekedar untuk menghindari rasa kantuk. Hindari makanan yang mengandung cokelat, keju, makanan berlemak atau goreng-gorengan terutama mie instan karena kadar garam berlebih yang dikandungnya bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

2. Pola Makan Sehat

Ubah pola makan Anda dengan makan teratur sesuai dengan gizi seimbang. Selain itu usahakan di barengi dengan vitamin agar badan tetap bugar. Selama begadang, asupan gizi seimbang diperlukan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Peremajaan sel seharusnya efektif ketika kita tidur, tetapi karena begadang, aktifitas sel itu menjadi terganggu. Hindari terlalu banyak makanan manis, dan minum dengan jumlah yang dianjurkan yaitu 8 gelas per hari.

3. Hindari Rokok dan Alkohol

Tidak begadang namun mengonsumsi kedua bahan tersebut saja sudah berbahaya, apalagi begadang dan merokok serta minum alkohol. Tubuh akan makin mudah lelah, sakit, dan kondisi mudah drop.

4. Olahraga

Banyak orang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik adalah solusi yang efektif untuk mengatasi rasa kantuk. Olahraga membuat tubuh lebih terjaga, sehingga tidak merasa mengantuk.

Dengan berjalan / berlari kecil 20-30 menit setiap paginya, sudah sangat berarti. Ketika beraktifitas. Gerakan ringan seperti naik turun tangga tanggabisa akan membiasakan otot dan tubuh kita terbiasa bekerja, tidak bermalasan.

Sebab selain aktivitas fisik, udara segar juga sangat membantu dalam menjaga tubuh tetap merasa bugar. Ketika saat Begadangpun sesekali kita harus rehat sebentar mungkin untuk sekedar stretching badan, ketika sudah berjam-jam duduk, berfikir fokus ke aktifitas.(okta)

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!