Wisata ke Museum Manusia Purba Sangiran

sangiran 1

SemuaAdaDisini.comMuseum Manusia Purba Sangiran beralamat di Jl. Sangiran KM. 4, Krikilan, Kalijamber 57275, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Didalam situs ini menyajikan informasi peradaban manusia purba di dunia. Terutama Fosil Manusia Purba Homo Erectus.

sangiran2

Kehidupan Homo Erectus Di Sangiran

sangiran3

Proses Evolusi Manusia

Periode 500.000 ribu tahun yang lalu adalah periode keemasan Manusia Purba Homo Erectus di Sangiran. Mereka hidup di lingungan hutan terbuka diantara dua gunung api dan aliran sungai dan danau disekitarnya serta ragam fauna yang sangat kaya raya. Mereka melakukan aktifitas sehari-hari seperti membuat alat batu, berburu dan meramu.

Tipe Homo Erectus

Selama 1.5 juta tahun telah terjadi 3 tingkatan evolusi homo erectus di Jawa. Sangiran telah memberikan bukti 2 tahapan evolusi yang paling tua yaitu Homo Erectus Arkaik (1.5 -1 juta tahun yang lalu dan Homo Erectus Tipikal (0.9-0.3 juta tahun yang lalu). Satu tingkatan yang lebih muda yaitu Homo Erectus Progressive (0.2-0.1 juta tahun lalu) ditemukan diluar sangiran yaitu di Ngandong (Blora).Selopura (ngawi), dan Sambungmacan (sragen).

manusia purba sangiran

Fosil Manusia Purba yang ditemukan di Sangiran

manusia purba ngandong, sambung macan

Fosil Manusia Purba yang ditemukan di Ngandong, dan Sambung Macan

Selain manusia purba di museum ini juga memberikan informasi tentang hewan purba seperti gajah purba, buaya purba kerbau purba dll.

sangiran4

Fosil Gajah Purba

sangiran6

Fosil Kerbau Purba

sangiran5

Fosil Reptil Purba

peralatan batu

Fosil Peralatan Batu Manusia Purba

Peralatan yang dipakai manusia purba juga di pamerkan di museum ini. Bahkan histori penelitian manusia purba dan hewan-hewan langka informasinya lengkap sekali.

Sebagai informasi tambahan museum ini dibuka setiap hari kecuali hari senin. Dibuka mulai pukul 8.00 -16.00

 

Komentar Yuk Disini

comments

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!