Yuk Lihat Seperti Apa Masjid Pertama Yang Ada di Inggris

171036_masing2

SemuaAdaDisini.com – Mau tahu seperti apa masjid pertama yang ada di negara Inggris ? Masjid pertama yang ada di negara Inggris tersebut bernama Masjid Shah Jahan di Woking, Inggris. Masjid Shah Jahan ini pertama kali di bangun pada tahun 1889 dan kini sudah berumur sekitar 125 tahun tepatnya di kawasan Eropa bagian Utara.

Masjid Shah ini juga merupakan salah satu masjid yang masuk ke dalam daftar wisata religi di Eropa. Sang pendiri Masjid Shah Jahan adalah Gottlieb Wilhelm Leitner, seorang profesor kelahiran Jerman yang berdarah Yahudi.

Masjid Shah Jahan ini memiliki tekstur yang khas dengan gaya bangunan masjid-masjid di Pakistan atau India. Pada bagian dinding masjid ini bercat putih dengan empat kubah kecil dan satu kubah besar yang semuanya berwarna hijau.

Di dinding masjid pada bagian dalamnya terhiaskan kaligrafi yang cantik. Karena memang pendirinya sendiri yakni Leitner  memiliki ketertarikan dengan bahasa Arab dan hukum Islam. Pada dasarnya memang Leitner adalah seorang yang cerdas dan bisa menguasai sekitar 25 bahasa. Dia sempat memimpin sebuah universitas di Lahore, Pakistan pada tahun 1864 yang kini menjadi Universitas Punjab. Di tahun 1883, Leitner pindah ke Inggris dan membangun Oriental Institute, sebuah tempat pembelajaran.

 

171103_masing4

 

Masjid Shah Jahan ini memiliki kapasitas ruangan yang dapat menampung 1.000 jamaah dan saat ini sudah diperluas dan direnovasi. Masjid ini tidak pernah sepi dan selalu ramai didatangi umat Muslim setempat untuk menunaikan ibadah salat lima waktu, salat Jumat, salat tarawih dan salat Ied. Bahkan, Saat bulan puasa Ramadan, suasana masjid makin ramai dan khusyuk. Umat Muslim dari berbagai penjuru Inggris datang ke sana untuk beribadah.

Tak hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Shah Jahan ini juga memiliki beberapa bagian komplek yang terdapat bangunan sebagai balai pembelajaran agama Islam dan ada juga aula serba guna. Turis Muslim pun dipersilakan mampir ke Masjid Shah Jahan dan mengenal kehidupan Islam di Inggris lebih dekat.

171050_masing3

 

Di aula tersebut kadang dijadikan tempat makan bersama atau arena olahraga seperti olahraga memanah . Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga memanah merupakan salah satu perintah Rasulullah yang dianjurkan untuk umat Muslim.

Masjid Shah Jahan juga melayani proses pemakaman umat Muslim untuk dijadikan tempat sebagai pemandian jenazah atau mensholatkan jenazah.

Untuk membuat penampilan masjid ini terlihat lebih indah dan cantik. Masjid Shah Jahan dikelilingi oleh taman cantik dan kolam yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai para Turis wisatawan.

sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber SemuaAdaDisini.com thanks!!